Perbaiki RTLH dan Infrastruktur, Pemkab Serang Akan Dibantu Taruna

SERANG – 206 peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke 38 disambut Bupati Kabupaten Serang di Aula Tb Suwandi, Kamis (12/4/2018). Diketahui, mereka akan membantu Pemerintah Kabupaten Serang untuk memperbaiki Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dan Infrastruktur sekitar di empat Kecamatan.

Tatu menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan wahana pembelajaran bagi para taruna untuk menambah wawasan yang berhubungan dengan pemahaman bidang teknis program kerja, kultur budaya masyarakat, meningkatkan kesadaran, dan membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Serang dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Penempatan para taruna dilaksanakan di empat Kecamatan Kabupaten Serang, di antaranya Kecamatan Tunjung Teja, Pamarayan, Petir dan Cikeusal. Adapun jenis kegiatan yang akan dilaksanakan berupa pembangunan Rutilahu di Kecamatan Tunjung Teja dan Pamarayan. Sedangkan di Kecamatan Petir dan Cikeusal pembangunan jalan,” ungkapnya.

Ia juga berpesan, untuk warga sekitar bisa sekaligus memanfaatkan kehadiran Taruna di empat Kecamatan tersebut dengan mencari berbagai informasi untuk Taruna di tahun berikutnya.

“Siapa tau masyarakat di situ pemudanya ada yang ingin jadi tentara, polisi atau pemerintahan. Jadi, bisa cari tahu kepada taruna apa saja yang perlu disiapkan karena seleksi untuk menjadi taruna dibuka secara nasional,” imbuhnya.

Sementara itu, Marsekal Muda TNI Sri Mulyo Handoko, Gubernur Akademi Angkatan Udara mengatakan, sebelum Taruna dilantik oleh Presiden mereka harus melakukan tugas akhirnya yaitu mengabdi kepada masyarakat. Oleh sebab itu, para Taruna wajib disiplin dan taat kepada setiap peraturan yang berlaku karena tidak ada toleransi terhadap berbagai pelanggaran.

“Hormati dan jaga tradisi budaya masyarakat dimana taruna berada, jangan bertindak tidak sesuai dengan apa yang menjadi kebiasaan masyarakat setempat,” tegasnya.

Ia menambahkan, Taruna bisa memaksimalkan waktu dan kesempatan selama pelaksanaan di wilayah Kabupaten Serang supaya mendapatkan manfaat dan pengalaman.

“Jaga diri kalian, jaga nama baik keluarga, almamater, pemerintah Kabupaten Serang dan kehormatan Korps Taruna selama melaksanakan kegiatan,” tuturnya saat menyampaikan sambutan kepada Taruna.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Dandim 06 02 Serang Letkol Czi Harry Praptomo; Kapolres Serang Kabupaten AKBP Wibowo; dan Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin. (*/Dave)

TMMDTNI Manunggal Masuk Desa (TMMD)
Comments (0)
Add Comment