Wagub Banten Ingatkan Komitmen Lembaga Pendidikan Soal Bela Negara

SERANG – Kesadaran bela negara tidaklah tumbuh dengan sendirinya, tetapi harus ditanamkan sejak dini melalui pendidikan kewarganegaraan bagi anak-anak Indonesia.

Hal ini yang juga ditegaskan Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Banten Andika Hazrumy. Dikatakannya, pelajar harus diajak untuk mencintai bangsa, dan tanah air sehingga memiliki kebanggaan sebagai bagian dari Indonesia.

“Secara umum ini memang tugas kita semua memastikan agar api semangat mereka terus menerus menyala. Dan bisa diwariskan kepada generasi yang akan datang,” kata Andika saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Lomba Diskusi/Argumen Parade Cinta Tanah Air Provinsi Banten di Aula Pendopo Gubernur Banten, Rabu (2/8/2017) kemarin.

Lomba yang digelar Kementerian Pertahanan sejak beberapa tahun terakhir di semua tingkatan daerah untuk dilombakan di tingkat nasional tersebut, diikuti perwakilan SMA/SMK negeri dan swasta kabupaten/kota se-Banten.

Untuk itu, menurut Andika, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara perlu terus ditingkatkan.

“Pancasila sebagai sistem etika sosial masyarakat yang membentuk nilai bagi masyarakat untuk menjungjung tinggi nilai-nilai keberagaman, toleransi dan solidaritas,” imbuhnya.

Lebih jauh, ia mengungkapkan, dibutuhkannya kesadaran tentang Bhineka Tunggal Ika yang merupakan pondasi dasar dalam membentuk persatuan dan kesatuan NKRI.

“Jadi, saya berharap program ini dapat memberikan pesan moral kepada pelajar dan mahasiswa tentang pentingnya kesadaran bela negara dan rasa cinta tanah air,” kata Andika. (*)

Lomba Diskusi dan ArgumenParade Cinta Tanah AirWagub Banten
Comments (0)
Add Comment