Walikota Serang Tinjau Madrasah Diniyah yang 30 Tahun Belum Miliki Gedung

SERANG – Walikota Serang Syafrudin tinjau langsung lokasi Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Tarbiyatul Athfal yang terletak di Kampung Manggerongan, Kelurahan Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen yang sudah berdiri sejak 1980 namun sampai saat ini belum memiliki gedung.

Dalan kunjungannya, Selasa (11/2/2020), Walikota Serang Syafrudin mengaku sedih atas kondisi di MDT Tarbaytul Athfal yang belum memiliki gedung (ruang kelas) untuk kegiatan belajar mengajar selama bertahun-tahun.

“Sedihlah melihat anak-anak melihat belajar seperti itu, karena bagaimana pun belajar itu harus ideal. Kecuali belajar ngaji, kan bisa didalam mesjid atau di halaman rumah. Kalau untuk madrasah diniyah ataupun ibtidaiyah kan fasilitasnya harus lengkap,” ucap Syafrudin.

Kendati kewenangan MDT ada di ranah Kemenag, ia pun meminta agar pihak pengelola MDT Tarbiyatul Athfal untuk segera mengajukan proposal bantuan pembangunan gedung yang ditujukan ke Pemkot Serang agar bisa mendapatkan bantuan hibah.

“Kami menganjurkan ke Pak Ustadz untuk membuat proposal, sehingga Pemkot bisa membantu pembangunannya, terserah tempatnya mau dimana. Inshaallah kalau ada sudah ada proposalnya, tahun 2029 ini dimasukkan, dan di tahun 2021 kita bantu,” ujarnya.

“Untuk besarannya nanti kita bicarakan. Saat ini kita berikan bantuan pribadi dulu untuk beli kursi dan papan tulis sebesar Rp5 juta,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Tarbiyatul Athfal, Ustad Nasihin mengaku senang dan mengucapkan rasa terimakasihnya atas kunjungan Walikota Serang yang juga sudah memberikan bantuan secara pribadi.

“Tadi Pak Wali bantu untuk membeli meja dan kursi kecil untuk belajar, dan itu sangat penting untuk memberi kenyamanan bagi anak-anak belajar. Mudah-mudahan bisa terealisasi terutama untuk sarana dan prasarana,” kata Ustadz Nasihin.

Untuk itu, ia pun akan segera menyiapkan proposal yang sudah diminta oleh Walikota agar kedepan bisa mendapatkan bantuan hibah untuk pembangunan gedung MDT Tarbiyatul Athfal.

“Inshaallah akan segera kita siapkan, memang sangat penting. Karena kita sudah cukup lama tidak punya tempat yang layak,” ujarnya.

Ia pun berharap, kedepan pendidikan madrasah diniyah di Kota Serang bisa lebih maju sebagai bekal menumbuhkan akhlakul karimah bagi para generasi penerus bangsa Kota Serang.

“Mudah-mudahan pendidikan diniyah ini bisa lebih maju lagi,” tukasnya. (*/YS)

Gedung BelajarMadrasah Diniyah
Comments (0)
Add Comment