Ingin Lampaui Target Nasional, Pemkot Cilegon Selaraskan Dengan Industri Untuk Turunkan Anak Stunting

 

CILEGON– Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) bekerjasama dengan USAID ERAT menggelar lokakarya penyusunan strategi kolaborasi dan sinergi dalam percepatan penurunan stunting di Kota Cilegon dengan menghadirkan sejumlah industri di Kota Cilegon.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 25-26 Januari 2023 ini dilaksanakan di The Royale Krakatau, Cilegon.

Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengatakan, untuk mengurangi angka stunting di Kota Cilegon, pihaknya bakal menselaraskan berbagai program pemerintah dengan swasta dan masyarakat.

“Kita akan maksimalkan dan terus mengupayakan untuk menekan angka stunting ini. Nanti kita akan lakukan dengan berbagai macam program yang melibatkan pihak swasta dan masyarakat. Saya yakin angka stunting di Kota Cilegon ini bisa turun dan mencapai target yang ditentukan,” ujar Helldy.

Pada kesempatan tersebut, Helldy juga meminta kepada DP3AP2KB untuk terus melakukan berbagai upaya menekan angka stunting di Kota Cilegon.

Meski angkanya sudah turun, namun pihaknya menginginkan agar penurunan angka stunting di Kota Cilegon bisa menembus 9 persen atau melampaui target nasional sebesar 14 persen.

“Saat ini angka stunting di Cilegon sudah mengalami penurunan. Berdasarkan Hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) angkanya yaitu berada di 20 persen. Saya ingin agar angka stunting ini dapat terus ditekan hingga melampaui instruksi Presiden RI yang memiliki target 14 persen,” ujar Helldy.

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB Kota Cilegon Agus Zulkarnain menjelaskan, kegiatan lokakarya ini merupakan bagian dari upaya Pemkot Cilegon untuk mempercepat penurunan angka stunting.

“Lokakarya ini merupakan bentuk kerjasama antara DP3AP2KB Kota Cilegon dengan USAID ERAT. Kami akan mengupayakan penurunan angka stunting ini. Kami akan berkolaborasi dengan berbagai industri dan masyarakat,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kabid Dalduk dan KB pada DP3AP2KB Kota Cilegon, Wawan Ihwani berharap, adanya kegiatan ini mudah-mudahan dari kalangan industri berkomitmen untuk membantu penurunan angka stunting di Kota Cilegon.

“Semoga dengan cara ini anak stunting bisa berkurang sehingga anak-anak kita ke depan tumbuh dan sehat semua,” harapnya. (*/Nas)

Comments (0)
Add Comment