Kota Tangerang Raih Opini WTP dari BPK 16 Kali Berturut-turut!

 

TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang baru saja meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LPKD) di tahun anggaran 2022 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Provinsi Banten.

Tidak hanya itu, raihan ini menjadi capaian yang telah dilakukan Pemkot Tangerang ke-16 kali secara berturut-turut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman menjelaskan, capaian meraih opini WTP ini merupakan catatan yang membanggakan untuk semua pihak.

Pasalnya, opini WTP merupakan predikat yang diberikan oleh BPK terhadap Kementerian/Lembaga Pemerintah dan Pemerintah Daerah (Pemda) tertentu terkait keberhasilan mengelola tata kelola keuangan pemerintahan secara baik.

“Sebelumnya, opini WTP merupakan predikat apresiatif yang diberikan BPK RI untuk laporan keuangan yang telah terjamin dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karenanya, raihan yang baru-baru ini dicapai Pemkot Tangerang menandakan pengelolaan keuangan untuk kinerja pelayanan di Kota Tangerang telah berjalan dengan sangat optimal,” jelas Sekda Kota Tangerang, Herman Suwarman, Senin, (8/5/2023).

Ia melanjutkan, opini WTP juga dapat digunakan sebagai representasi penilaian serta bukti dari satuan pemerintahan telah menjalankan kinerja secara transparan, akuntabilitas, efesien, bahkan bebas dari praktik korupsi.

“Adapun terkait penilaian yang dilakukan, opini WTP ini mempunyai beberapa indikator, seperti Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, efektivitas Sistem Pengendalian Internal (SPI), dan kecukupan pengungkapan (adequate disclosures). Alhamdulillah, berdasarkan beberapa indikator tersebut, Pemkot Tangerang mendapatkan nilai rata-rata 85 persen, di atas nilai rata-rata nasional yang hanya 75 persen,” tambahnya.

Selain itu, opini WTP ini juga bermanfaat dalam mengawal tata kelola keuangan yang baik, serta dapat meningkatkan tingkat kepercayaan publik terkait kinerja pelayanan semakin tinggi.

Lanjutnya, kepercayaan publik yang tinggi ini sangat dibutuhkan sebagai dukungan konkrit dan bukti kepuasan masyarakat terhadap proses kinerja, pelayanan, dan pembangunan yang selama ini dilakukan Pemkot Tangerang. (*/Red)

BPKPemkot TangerangWTP
Comments (0)
Add Comment