Sambut HPN 2023, PWI Kabupaten Tangerang Tanam 1.000 Mangrove di Pesisir Mauk

 

TANGERANG – Dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional 2023, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang, bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, melakukan penanaman 1000 pohon mangrove dikawasan pesisir di Desa Marga Mulya, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Rabu (1/2/2023).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang, Diporabudpar Kabupaten Tangerang, Sekertaris Forum Camat Kabupaten Tangerang, Zamzam Manohara, Camat Mauk, Arif Rahman, Danramil 09 Mauk, Kepala Desa Marga Mulya, Abu Bakar, Tokoh Pemuda dan Penggiat Lingkungan serta petani mangrove.

Ketua PWI Kabupaten Tangerang, Sri Mulyo mengatakan, kegiatan penanaman pohon mangrove ini merupakan bentuk kecintaan, dan kepedulian PWI Kabupaten Tangerang terhadap bumi dimana kita hidup secara umum dan kita ingin hidup nyaman di muka bumi ini.

Kegiatan ini juga, tambah Mulyo, merupakan sinergi antara PWI Kabupaten Tangerang dengan Pemkab Tangerang dalam upaya menata dan mencegah abrasi kawasan pesisir.

Mulyo berharap, dengan kegiatan penanaman 1.000 pohon mangrove, dapat mewujudkan jurnalis yang peduli terhadap lingkungan.

“Kenapa kami berfikir untuk menanam pohon mangrove di Hari Pers Nasional 2023 ini, karena mangrove sangat penting untuk menjaga ekosistem dan abrasi. Kami juga ingin mengajak teman-teman jurnalis untuk peduli terhadap lingkungan,” kata Sri Mulyo di hadapan para wartawan.

Lebih jauh Mulyo menjelaskan, Hari Pers Nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Menurutnya, pers nasional mempunyai sejarah dan perjuangan yang peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Untuk itu, PWI Kabupaten Tangerang memaknai HPN 2023 dengan berbagai kegiatan sosial seperti kegiatan Penanaman Mangrove, Donor Darah, Tali Asih dan Penganugrahan Sahabat Pers.

“Perayaan HPN 2023 sendiri akan dilaksanakan di Medan Sumatera Utara mulai tanggal 7 sampai 10 Februari 2023, dan PWI Kabupaten Tangerang sudah memulai kegiatannya pada tanggal 1 Februari 2023 yang pertanda semangat kami sebagai insan media yang cinta terhadap lingkungan,” ujarnya.

Kepala Desa Marga Mulya, Abu Bakar mengucapkan terimakasih kepada PWI Kabupaten Tangerang yang mau peduli terhadap lingkungan desanya.

Kata Abu Bakar, dengan melakukan penanaman pohon mangrove ini, diharapkan dapat mencegah abrasi yang semakin meluas di Desa Marga Mulya.

“Terimakasih kepada teman-teman media, Camat dan Kepala Dinas atas perhatiannya kepada Desa Marga Mulya, ini merupakan kebanggan bagi kami sebagai Pemerintah Desa. Mudah-mudah ini dapat bermanfaat baik buat lingkungan maupun buat masyarakat” ungkapnya.

Sementara, Camat Mauk, Arif Rahman yang secara resmi membuka acara penanaman 1.000 pohon mangrove itu menegaskan, bahwa Desa Marga Mulya merupakan salah satu desa yang masuk dalam program Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan) di Kecamatan Mauk.

Arif menyebutkan, bahwa Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan) merupakan program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang yang bersifat berkelanjutan (Sustainable).

“Gerbang Mapan merupakan program unggulan pak Bupati dan pak Wakil Bupati untuk menanata dan meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan (Sustainable),” jelasnya.

Ia juga mengapresiasi kegiatan penanaman 1000 pohon mangrove yang diinisiasi oleh PWI Kabupaten Tangerang.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa, dan saya mengucapkan terimakasih kepada Ketua, Pengurus dan seluruh anggota PWI Kabupaten Tangerang yang telah peduli terhadap lingkungan dan mendukung program Pemkab Tangerang,” ucapnya.

Arif berharap, PWI sebagai organisasi profesi wartawan yang menjadi corong masyarakat dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk pembangunan daerah.

“Kami berharap, PWI dapat terus bersinergi untuk sama-sama membangun daerah,” pungkasnya. (*/Red)

Comments (0)
Add Comment