Standby 24 Jam dan Gratis, Ini Kecanggihan 11 Ambulance Milik Pemkot Tangerang

 

TANGERANG – Berkembangnya sebuah kota selalu diiringi kebutuhan akan sarana kesehatan yang memadai, demikian juga di Kota Tangerang.

Kota seribu industri sejuta jasa ini makin maju, makin padat penduduknya. Sehingga, kebutuhan akan layanan kesehatan juga semakin tinggi.

Itulah sebabnya, kepemilikan fasilitas kesehatan di Kota Tangerang terus dimaksimalkan Pemerintah Kota (Pemkot Tangerang) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) serta 39 puskesmas dibawahnya.

Diketahui, Kota Tangerang telah memiliki 23 unit ambulans dan 11 diantaranya adalah ambulans mini ICU yang merupakan jenis ambulans Smart 119, yang dikhususkan untuk menangani kondisi gawat darurat berat, karena memiliki fasilitas medis yang lebih lengkap.

Seluruh ambulans di Kota Tangerang termasuk ambulans mini ICU bekerja atau standby selama 24 jam penuh dan dapat dimanfaatkan masyarakat secara gratis atau tanpa dipungut biaya.

“Bukan hanya sopir ambulans, dalam fasilitas ambulans Smart 119 ini juga dilengkapi dengan petugas kesehatan kompeten. Sehingga, pasien bisa distabilkan untuk dibawa ke rumah sakit. Biasanya, ambulans Smart 119 digunakan untuk pengantaran pasien antar faskes,” ungkap dr Dini Anggraeni, Kepala Dinkes, Kota Tangerang, Jumat (7/7/2023).

Ia pun menjelaskan, fasilitas yang dimiliki pada ambulans tipe Smart 119 sudah berstandar ICU. Mulai dari, flash light bar, sirine, lemari peralatan medis, power inverter 1500W, automatic ambulance stretcher merupakan lat untuk membawa dan memindahkan pasien.

Selain itu, dilengkapi led lamp, fixed centeral gas oxygen system, monitor pasien yang digunakan untuk memantau kondisi pasien secara real time yang tampak melalui monitor.

“Smart 119 atau ambulans mini ICU juga dilengkapi suction pup yang merupakan alat medis yang yang menghisap berbagai jenis cairan yang terbentuk dari proses sekresi tubuh yang dalam kondisi tertentu perlu untuk dihilangkan atau dibersihkan. AED yang merupakan alat medis untuk menganalisis irama jantung secara otomatis hingga memberikan kejutan listrik, tabung apar, emergency kit berupa obat-obatan yang bersifat live saving hingga ventilator portabel,” papar dr Dini.

Kata dr Dini, ambulans Smart 119 dengan ambulans biasa tentunya memiliki pembeda pada kelengkapan fasilitas. Ambulans biasa atau biasa dikenal dengan ambulans gratis hanya memiliki kelengkapan mulai dari flash light bar, sirine, ambulans stretcher, led lamp, gas oxygen system, suction pump, tensimeter, emergency kit dan tabung APAR saja.

“Dinas Kesehatan mencatat, di 2022 ambulans Smart 119 telah melayani 1.514 kasus penanganan. Masyarakat Kota Tangerang, yang ingin memanfaatkan layanan ambulans gratis baik itu ambulans biasa maupun Smart 119, masyarakat hanya perlu order ke layanan kegawatdaruratan 112 atau 119 atau di nomor 021-55771135. Petugas bersiaga 24 jam penuh,” tegas dr Dini. (*/Red)

AmbulanceDinkesPemkot Tangerang
Comments (0)
Add Comment