Wisata Pantai Favorit di Banten Saat Momen Libur Lebaran, Yuk Nikmati Suasananya

 

FAKTA – Momen libur lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah kali ini sepertinya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pasca berakhirnya Pandemi Covid-19 yang beberapa tahun belakangan melanda Indonesia, dan berakibat sejumlah pembatasan serta menurunnya perekonomian.

Namun di tahun 2023 ini, pemulihan aktivitas sepertinya sudah mulai dirasakan masyarakat, termasuk meningkatnya jumlah pemudik.

Karena itu, pada momen libur lebaran kali ini diprediksi jumlah wisatawan domestik akan mengalami peningkatan.

Sejumlah destinasi wisata favorit akan kembali diramaikan dan menjadi pilihan para pelancong.

Dan tempat-tempat wisata di wilayah Provinsi Banten, dipastikan akan jadi pilihan utama wisatawan dari wilayah Jabodetabek.

Wisata pantai di Banten, masih menjadi pilihan paling favorit karena alamnya yang indah dan aksesnya yang mudah.

Berikut sejumlah destinasi wisata pantai yang populer dan favorit dikunjungi setiap momen liburan.

1. Kawasan Wisata Pantai Anyer

Pantai Anyar /Dok

Kawasan Pantai Anyer memiliki sejumlah spot-spot pantai umum yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, selain jejeran hotel dan villa yang menjadi tempat penginapan bagi yang ingin liburan sambil bermalam.

Salah satu destinasi sejarah di kawasan itu adalah Mercusuar Anyer, yang merupakan titik nol kilometer atau titik awal dari pembangunan jalan Anyer-Panarukan oleh Daendels, yakni Gubernur Jendral Hindia Belanda di era penjajahan dulu.

Mercusuar Anyer ini berada di Kampung Bojong, Desa Cikoneng, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang.

Mercusuar Anyer ini memiliki tinggi mencapai 75,5 meter dan terdiri dari 18 tingkat yang dihubungkan 286 anak tangga.

Mercusuar ini memiliki desain semakin ke atas semakin sempit.

Di puncak mercusuar, pengunjung dapat melihat lampu suar yang berfungsi untuk petunjuk kapal-kapal yang melintas di perairan laut Banten bagian utara.

Tiket masuknya kawasan ini hanya Rp 10.000, di sini pengunjung sudah dimanjakan dengan menikmati keindahan pantai dan juga momen sunset.

2. Pulau Sangiang

Pantai di Pulau Sangiang /Dok

Pulau Sangiang, merupakan destinasi wisata alam yang spesial di Kawasan Anyer.

Selain memiliki pantai pasir putih, ada juga perbukitan hijau dan juga pantai berkarang dengan bebatuan yang sangat eksotis.

Bebatuan itu cukup unik, cocok untuk wisatawan yang gemar fotografi.

Di pulau ini juga terdapat goa kelelawar, yang di bawahnya terdapat air laut yang tampak seperti kolam renang.

Di pulau ini, kamu juga bisa snorkeling atau diving. Pemandangan alam bawah lautnya tidak kalah dengan pulau-pulau di luar Banten.

Untuk bisa mencapai Pulau Sangiang, Kawan Fakta bisa melalui dua akses pelabuhan rakyat, yakni pertama Pelabuhan Paku, yang terletak di Pantai Paku Anyer, dekat Pasar Anyer. Dan yang kedua, Pelabuhan Cikoneng yang terletak di depan SPBU Anyer di Desa Cikoneng.

Dari kedua pelabuhan itu, Kawan Fakta bisa menyewa perahu motor, untuk menyebrangi Selat Sunda menuju Pulau Sangiang dengan waktu tempuh sekitar 30 – 40 menit.

Harga sewa satu perahu motor untuk perjalanan pergi pulang (PP) cukup bervariasi. Ada yang satu perahu Rp 1,5 juta untuk 15 orang.

Ada juga yang satu perahu harga sewanya Rp 2 juta untuk 20 orang, lainnya.

3. Pantai Carita

Pantai Carita /Dok

Pantai Carita menjadi salah satu tempat wisata di Banten yang banyak dikunjungi wisatawan.

Pantai Carita merupakan kawasan wisata yang masih satu bentangan alam dengan Pantai Anyer. Namun lokasinya terletak di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang.

Sama seperti Anyer, pantai-pantai di wilayah Carita memiliki daya tarik tersendiri, selain sejumlah penginapan yang memiliki harga ekonomis.

Saat sore hari, sunset di Pantai Carita sungguh luar biasa, ditambah kawasan ini berhadapan langsung dengan Gunung Anak Krakatau.

Jika cuaca sedang cerah, dan sedang terjadi erupsi, wisatawan akan bisa menikmati secara langsung keindahan fenomena alam Gunung Anak Krakatau dari kawasan wisata Pantai Carita ini.

Kawasan Carita juga banyak memiliki tempat wisata pantai umum. Cocok untuk dijadikan sebagai tempat berlibur singkat, sambil menambah koleksi dokumentasi video dan foto liburan Kawan Fakta.

4. Pantai Bagedur

Pantai Bagedur /Dok

Pantai Bagedur merupakan wisata pantai dengan hamparan pasir yang begitu luas, sepanjang 10 kilometer lebih.

Lokasi wisata ini ada di wilayah Lebak Bagian Selatan, tepatnya di Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten.

Saat ini, pantai Bagedur pengelolaannya semakin menarik, dengan adanya gazebo untuk pengunjung serta keberadaan miniatur kapal yang ada di pinggir pantai.

Untuk masuk ke Pantai Bagedur, harga tiketnya cukup terjangkau, untuk yakni Rp 5.000 per orang, dan tarif parkir motor sebesar Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk mobil.

Suasana di sini indah pada waktu pagi dan sore. Bagi penikmat senja, cocok berwisata ke Pantai Bagedur, karena pantai yang satu ini menawarkan keindahan yang luar biasa saat senja.

5. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna /Dok

Pantai Sawarna begitu cantik dan terkenal menawan dengan pasir putih dan sejumlah titik lokasi dengan karang-karang besar yang indah.

Pantai Sawarna berada di Desa Wisata Sawarna yang memiliki berbagai objek wisata. Untuk menuju pantai ini, wisatawan masuk dengan berjalan kaki atau menggunakan motor.

Pantai Sawarna terdiri dari beberapa pantai dengan panorama yang berbeda satu sama lain. Mulai dari Pantai Karang Taraje Sawarna, Pantai Tanjung Layar Sawarna, Pantai Karang Seupang Sawarna, Pantai Ciantir Sawarna, Pantai Teluk Legon Pari Sawarna, hingga Pantai Karang Bokor Sawarna. ***

ANYARBagedurPantai CaritaPulau Sangiangsawarna
Comments (0)
Add Comment