Ied_Helldy_PP_Mulia

Sawah Terendam Banjir, Kerugian Petani di Lebak Capai Rp 3 Miliar

0
Corona serang

LEBAK – Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, sejak Kamis (8/2) lalu menimbulkan kerugian petani sekitar Rp 3 miliar. Kerugian petani itu akibat tanaman padi mengalami kerusakan.

“Sawah mereka diterjang banjir,” kata Kepala Seksi Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak, Itan di Lebak, Minggu (12/2).

Kebanyakan tanaman padi yang mengalami kerusakan itu berusia rata-rata dua pekan sampai lima pekan hari setelah tanam (SHT). Selain itu juga tanaman padi yang siap panen hanyut terbawa arus sungai.

Ied_Bmpp_Kuswandi

Namun, kerusakan tanaman padi belum tentu semua menimbulkan gagal panen, sebab ada lokasi yang terendam banjir hanya satu jam saja. Bencana banjir di Kabupaten Lebak akibat intensitas curah hujan cukup tinggi dan terjadi pagi, siang, sore, malam hingga dini hari.

Ied_Ali rido_Tabib

Kerusakan tanaman padi itu diperkirakan petani mengalami kerugian sekitar tiga miliar rupiah dengan biaya produksi antara Rp 5-6 juta per hektare. Saat ini, areal persawahan yang diterjang banjir mencapai 976 hektare tersebar di 13 kecamatan, antara lain Leuwidamar, Gunungkencana, Cijaku, Cigemblong, Bayah, Banjarsari, Cimarga, Malingping, Wanasalam, Cileles, Cirinten, Lebak Gedong dan Sobang

Banjir yang melanda daerah itu setelah diguyur hujan deras yang menyebabkan meluapnya sejumlah sungai.

“Kami berharap petani yang terkena musibah banjir itu pada Maret mendatang bisa melaksanakan gerakan percepatan tanam,” katanya. (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Sumber: Republika.co.id

Ied_Gerindra serang pandeglang
Mitsubishi
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi