www.faktabanten.co.id
Suara Merdeka Rakyat Banten

Wisata di Kota Ini, Ada Pantai Licin yang Berpasir Hitam Lho

0

MALANG – Malang Selatan terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau mulai dari gunung, hutan dan pantainya. Namun yang paling banyak menarik wisatawan adalah pantainya. Banyak sekali pantai yang ada di Malang Selatan mulai dari Kecamatan Ampelgading sampai Kecamatan Sumbermanjing Kulon, disana terdapat pantai-pantai yang sudah terkenal maupun belum terkenal.

Kali ini yang dibahas adalah pantai yang ada di ujung timur Kabupaten Malang di Kecamatan Ampelgading yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lumajang, yaitu pantai Licin di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang Jawa Timur.

Pantai Licin ini belum setenar yang lainya seperti Pantai Sendang Biru, Pantai Balekambang dan lainya. Namum Pantai Licin ini tidak kalah indah dengan pantai yang ada di Malang Selatan lainya.

Jika anda semua suka dengan tantangan, Pantai Licin ini sangat cocok untuk menguji adrenaline anda, banyak sekali tantangan yang akan anda lalui untuk menuju Pantai Licin ini.
1. Deskripsi Pantai Licin

Pasir yang ada di Pantai Licin tergolong unik yaitu berpasir hitam padahal pantai pada umumnya berpasir putih atau putih kecoklatan. Dulunya Pantai Licin mempunyai pasir putih yang sangat indah namun muntahan lahar dari meletusnya Gunung Semeru yang saking banyaknya menutupi pasir putih yang ada di Pantai Licin, yang dibawa arus sungai Glidik yang masuk ke laut dan pasir terbawa ombak hingga menutupi hamparan pasir putih yang ada di Pantai Licin.

Ini merupakan fenomena alam yang luar biasa, sebab pasir hitam ini tidak di Pantai Licin saja namun hingga masuk wilayah pantai di Lumajang.

Di Pantai Licin anda dapat melihat aktivitas nelayan yang berlalu lalang mencari ikan. Dan potensi ikan di area pantai ini sangat menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan ikan di daerah Ampelgading dan sekitarnya. Terdapat juga tempat pelelangan ikan di Pantai Licin, namun tempat pelelangan ikan di pantai ini tidak sebesar yang ada di Pantai Sendang Biru.

Keindahan Pantai Licin ini kini mulai banyak menarik kunjungan berbagai macam wisatawan. Tak hanya wisatawan dari Malang saja yang datang, kini wisatawan dari luar kota juga mulai berdatangan ke Pantai Licin.

Selain panorama pantai dan laut, wisatawan juga akan di suguhkan pemandangan pedesaan bahkan hutan yang masih alami yang dikelola oleh Perhutani untuk menjaga kelestarian hutan yang ada di Malang khususnya Malang Selatan yang semakin menipis.
2. Rute Menuju Pantai Licin

Jika anda dari Malang kota langsung menuju Gadang-Bululawang-Turen-Dampit-Tirtoyudho-Ampelgading- belok pertigaan Ampelgading (sumberejo) menuju Desa Lebakharjo dan menuju Dusun Licin atau Pantai Licin.

Untuk menuju Pantai Licin anda harus mempersiapkan kondisi fisik anda dan kendaraan yang anda bawa, perjalanan ini sangat menguras tenaga sebab jalan yang di lalui naik turun bukit yang tinggi dan berkelok-kelok, jarak dari Desa Lebakharjo menuju Pantai Licin sangat jauh sekitar 17 KM dengan kondi jalan dengan kemiringan 80o.

Angkutan umum tidak ada rute menuju Pantai Licin ini, dan saran kami anda menggunakan kendaraan bermotor saja, apabila anda memakai mobil parkir mobil anda akan jauh dari pantai dan anda berjalan kaki lumayan jauh. (*)

 

 

 

 

 

Sumber: www.wisatamalangku.com

Loading...

Dapatkan notifikasi lansung ke perangkat Anda, Klik Aktifkan

Loading...