www.faktabanten.co.id
Suara Merdeka Rakyat Banten
HUT Gerinda utama

JLS Cilegon Jadi Tempat Pembuangan Sampah Terpanjang di Banten?

0

CILEGON – Di sepanjang Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cilegon dari ujung Kecamatan Cibeber sampai dengan Kecamatan Ciwandan, jalur tersebut sepertinya menjadi tempat yang asik untuk membuang sampah.

Dari pantauan tim faktabanten.co.id, Senin (18/9/2017), ada sekitar 100 titik lokasi di akses JLS yang dijadikan tempat pembuangan sampah, padahal tidak ada bak-bak sampah atau Tempat Penampungan Sementara (TPS).

Yang lebih miris lagi, di sejumlah titik lokasi telah dipasangi papan pengumuman agar tidak membuang sampah namun tidak juga dipenuhi oleh warga. Seperti yang terjadi di JLS yang masuk wilayah Lelurahan Lebak Denok, Kecamatan Citangkil, bagaimana terlihat sampah yang menumpuk.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Banjarnegara, Kecamatan Ciwandan, Ahmad Humaidi, mengaku sangat menyayangkan banyaknya sampah yang menumpuk di sepanjang Jalan Lingkar Selatan (JLS). Padahal menurutnya, di sepanjang JLS itu tidak banyak pemukiman warga di jalur itu.

“Heran juga pemukiman sedikit, tapi sampah menumpuk,” ujarnya.

HUT Fakta AK

Dari laporan warga yang berada di sekitar JLS, menurut Humaedi, sampah tersebut dibuang oleh orang yang yang tinggal dari luar wilayah tersebut, namun tidak bertanggung jawab dan sengaja membuang sampah di lokasi itu.

“Yang membuang sampah itu kebanyakan warga luar kang, biasanya warga luar itu sambil bekerja dia membawa bungkusan sampah lalu di buang di JLS,” jelasnya.

Hal senada juga dikatakan Amirudin, warga Kelurahan Tamanbaru Citangkil, yang mengaku pernah memergoki seorang membuang sampah dengan mengunakan mobil.

“Pernah waktu itu saya memergoki orang yang membuang sampah di JLS, pas saya akan menghampiri mobil tersebut langsung tancap gas,” ujarnya.

Amirudin juga mendorong agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon lebih aktif kembali dalam memantau atau mengambil sampah yang menumpuk di sejumlah lokasi di JLS.

“Jangan terkesan membiarkan tidak ada solusi, harus dicari bagaimana cara menangulanginya,” pinta Amir.

Amir mengaku khawatir jika hal ini dibiarkan, akan menjadi kebiasaan dan menimbulkan citra buruk bagi Kota Cilegon.

“Jangan salahkan, nanti kalau jalur JLS dijuluki tempat pembuangan sampah terpanjang di Banten,” tukasnya. (*)

Bank Banten

Dapatkan notifikasi lansung ke perangkat Anda, Klik Aktifkan

Loading...

error: www.faktabanten.co.id
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien