Warga Binaan Rutan Rangkasbitung Ikuti Perkemahan Pramuka Se-Banten

LEBAK – Gerakan Pramuka Gugus Depan 02-01-211 Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Rangkasbitung yang anggotanya merupakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mengikuti Perkemahan Latansa Tajuk Ukwuhan (PELATUK) ke-1 se Wilayah Banten, yang dilaksanakan pada hari Minggu sampai Selasa (24-26/2/2018), di Kampus Latansa Mashiro, Kampung Pasir Jati, Kelurahan Cojoro Lebak, Rangkasbitung.

Kepala Rutan Rangkasbitung, Aliandra Harahap mengatakan, tujuan diikutkannya warga binaan dalam kegiatan perkemahan tersebut yaitu reintegrasi sosial dan agar mereka banyak memperoleh pengalaman.

“InsyaAllah dengan ikut sertanya dalam kegiatan ini, mereka (WBP) bisa menggali ilmu dan pengalaman, menjadi pemuda yang berkarakter serta membuktikan pada anggota pramuka yang lain bahwa mereka bisa beradaptasi dengan lingkungan dan bisa berdayaguna bagi lingkungan,” ujar Aliandra kepada wartawan.

Lebih lanjut, Aliandra menuturkan, warga binaan yang mengikuti perkemahan tersebut merupakan anggota aktif Pramuka dan sudah melalui proses seleksi Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP).

Kartini dprd serang

“Yang ikut ini sudah melalui proses seleksi oleh TPP Rutan Rangkasbitung untuk mengikuti kegiatan tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Latansa 2, KH Ahmad Faisal Hadziq mengatakan, kegiatan ini agar warga binaan dari Rutan Rangkasbitung bisa membuktikan kepada masyarakat atas perubahan diri mereka.

“Ini adalah momen dimana mereka bisa membuktikan bahwa mereka telah berubah menjadi lebih baik, bisa menerapkan Trisatya dan Dasadharma yang telah mereka pelajari, sehingga kedepan setelah bebas mereka bisa berdaya guna kembali bagi masyarakat dan dirinya,” cetusnya.

Pelatuk ke-1 se Wilayah Banten ini diikuti oleh 1.210 peserta yang terdiri atas peserta dari Pondok Pesantren, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Dasar di Wilayah Banten. (*/Sandi)

Polda