Ied_Helldy_PP_Mulia

Pelantikan di Alun-alun Dinilai Melanggar, DPD Demokrat Banten Dipanggil Panwaslu

0
Corona serang

SERANG – Buntut dari gelaran pelantikan DPD dan DPC Partai Demokrat Provinsi Banten yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, pada tanggal 19 April 2018 lalu di Alun-alun Barat Kota Serang.

Panwaslu Kota Serang memanggil Pengurus Partai Demokrat Banten guna mengklarifikasi terkait temuan-temuan dugaan pelanggaran pada saat gelaran pelantikan tersebut, Rabu (25/4/2018), di kantor Panwaslu Kota Serang.

Ketua Komisi Pengawas Daerah Partai Demokrat Banten, Hermansyah Pepen yang memenuhi undangan dari Panwaslu tersebut menyampaikan, bahwa pihaknya hanya dimintai klarifikasi terkait pelantikan Partai Demokrat Banten tersebut.

Ied_Bmpp_Kuswandi

“Kita dapat undangan klarifikasi dari Panwaslu berkaitan dengan pelantikan Demokrat Banten kemarin,” ucapnya kepada faktabanten.co.id, Rabu sore.

“Kita hanya mengklarifikasi terkait pelantikan indoor dan outdoor, itu saja. Tapi semuanya normatif kok,” imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Penindakan dan Pelaporan Panwaslu Kota Serang, Faridih menjelaskan, bahwa pemanggilan pengurus DPD Partai Demokrat Banten tersebut berdasarkan hasil pengawasan pada pelantikan DPD dan DPC Partai Demokrat Banten.

“Berdasarkan kajian awal Panwaslu, ada temuan dugaan pelanggaran administratif pada saat pelantikan Demokrat Banten,” ungkapnya.

“Dimana pelantikan itu tidak dilakukan dalam ruangan tertutup dan dilakukan di ruangan terbuka,” tambahnya.

Dikatakan Faridih, hal tersebut merupakan bentuk antisipasi yang dilakukan Panwaslu mencegah adanya dugaan kampanye yang dilakukan partai politik di luar jadwal yang ditentukan KPU.

Ied_Ali rido_Tabib

“Itu kan di ruangan terbuka, apalagi di Alun-alun Kota Serang yang notabene masyarakat berlalu-lalang dan melintas, dikhawatirkan ada masyarakat yang ikut gelaran pelantikan tersebut, nanti malah terkesan kampanye,” paparnya.

Ia pun menyampaikan beberapa pertanyaan kepada tim Partai Demokrat Banten guna diklarifikasi oleh pihak yang bersangkutan terkait gelaran pelantikan tersebut.

“Dari hasil klarifikasi, kita tanyakan apakah mereka mengundang masyarakat bahkan anak-anak dalam acara tersebut, mereka bilang tidak mengundang siapa-siapa, hanya mengundang kader DPD dan DPC,” jelasnya.

“Kita pun menanyakan kepada tim Demokrat Banten apakah dalam gelaran pelantikan tersebut ada penyampaian program visi misi partai, dan mereka bilang tidak,” lanjutnya.

Faridih menilai, apabila ada penyampaian program visi misi partai dalam gelaran pelantikan tersebut, itu sudah masuk kedalam ranah kampanye.

Panwaslu Kota Serang pun akan terus melakukan proses terkait temuan tersebut dan akan memanggil saksi-saksi guna memperkuat temuan tersebut.

“Kita akan terus proses, kita akan periksa saksi-saksi. Kalau semisal terbukti ada pelanggaran, tidak sanksi pidana, paling sanksi-sanksi teguran,” tukasnya.

Dikhawatirkan Panwaslu, dampak dari gelaran acara pelantikan Partai Demokrat Banten tersebut, membuat partai-partai politik lainnya mengikuti cara yang sama.

“Nanti dikhawatirkan parpol lain ngikutin cara yang sama. Karena ini kan belum waktunya kampanye,” tandasnya. (*/Ndol)

Ied_Gerindra serang pandeglang
Mitsubishi
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi