Fakta Unik Piala Dunia 2018, Jepang Lolos ke 16 Besar Berkat Fair Play

0
Subhi ASDP Santri

RUSIA – Meski kalah 0-1 dari Polandia, Jepang sukses memastikan langkah mereka ke 16 besar Piala Dunia 2018 setelah menutup laga penyisihan Grup H sebagai runner-up.

Kepastian pasukan satu-satunya tim wakil Asia ini melangkah lebih jauh di turnamen tahun ini, hadir setelah melalui situasi yang pelik. Dan memang, nasib Jepang turut ditentukan oleh hasil pertandingan lainnya yang digelar bersamaan, yakni kekalahan 1-0 yang dialami Senegal saat bertemu Kolombia.

Kolombia yang menang atas Senegal menyegel posisi puncak, mereka pun meninggalkan Jepang dan Senegal ke dalam situasi perhitungan yang mendebarkan.

Ip-Sankyu-santri

Kekalahan yang dialami Jepang dan Senegal dalam laga terakhir dengan skor identik membuat mereka sama-sama mengoleksi empat poin. Demikian juga dengan selisih gol, mereka sama-sama memasukkan dan kebobolan empat. Rekor pertemuan mereka juga berimbang, dengan skor 2-2.

Di titik inilah aturan perhitungan poin fair play dalam regulasi FIFA berlaku. Jepang akhirnya berhak melaju sekaligus menjadi tim pertama dalam sejarah putaran final Piala Dunia yang melangkah ke fase gugur berkat keunggulan poin fair play.

Jepang baru mengoleksi empat kartu kuning dari tiga laga, sementara Senegal enam.

Catatan kartu kuning yang lebih sedikit milik Jepang tak lepas dari permainan cerdik mereka dalam tiga laga fase grup yang hanya menghasilkan 28 pelanggaran, jumlah ini juga merupakan yang paling sedikit di antara kontestan lainnya. Sedangkan Senegal cukup banyak dengan 44 pelanggaran. (*/Ilung)

Hipmi-lsm-dede
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien