Tim Hi-Link Untirta Bina Warga Lontar Kembangkan Produk Rumput Laut

SERANG – Pada hari Sabtu, 21 Juli 2018, tim Hi-Link Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melakukan pelatihan pembuatan produk kepada masyarakat, khususnya ibu-ibu di Desa Lontar, Kecamatan Potang, Kabupaten Serang.

Terdapat satu kelompok ibu-ibu kreatif yang dibina dalam pengolahan produk rumput laut. Beberapa produk yang telah dikuasai proses pembuatannya dan terus dilakukan pengembangan adalah sabun rumput laut, sirup rumput laut, dodol rumput laut, kerupuk rumput laut, selai rumput laut, dan manisan rumput laut.

Diketahui, Program Hi-Link Untirta tahun 2018 ini merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya yang juga telah melalukan pelatihan, pendampingan dan serah terima mesin terkait proses pengolahan rumput laut di Desa Lontar. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat setempat dalam mengolah dan memproduksi rumput laut secara lebih baik, sehingga dapat lebih meningkatkan nilai jual dari hasil olahan rumput laut itu sendiri.

“Tahun 2016 telah dilakukan serah terima, pelatihan dan pendampingan mesin pengering rumput laut dan mesin pencuci rumput laut. Untuk tahun 2017, juga telah dilakukan serah terima, pelatihan dan pendampingan mesin perebus rumput laut dan mesin pencacah rumput laut,” ujar Dhimas Satria, salah satu Tim Hi-Link Untirta.

Dhimas juga menyampaikan bahwa pada tahun 2018, selain dilakukan pelatihan pembuatan produk olahan rumput laut pada tanggal 21 Juli 2018, juga dilakukan serah terima, pelatihan dan pendampingan mesin penepung rumput laut.

“Program Hi-Link adalah kerjasama antara 3 unsur yang saling terkait, yaitu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa sebagai unsur Perguruan Tinggi, P2MKP Desa Lontar sebagai unsur Mitra Industri, dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Serang sebagai unsur Pemerintah Daerah (Pemda) yang dilaksanakan pada tahun 2016, tahun 2017, dan tahun 2018 dan dilakukan monitoring dan evaluasi oleh banyak pihak terkait setiap tahunnya,” paparnya.

Tim Hi-Link yaitu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa beranggotakan 4 dosen, yaitu Ririn Irnawati, Dhimas Satria, Hery Sutrawan Nurdin, Dini Surilayani, dan dibantu mahasiswa atas nama M. Johar Rudin. Sedangkan dari P2MKP Desa Lontar adalah abapak Asmawi beserta tim-nya. Tim dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Serang adalah bapak Budi Mulyono bersama staf. (*/Angga)

[socialpoll id=”2513964″]

Honda