Menjelajah Keindahan Sekitar Pulau Peucang

0
Al khairiyah donasi

PANDEGLANG – Keberadaan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) merupakan salah satu kawasan yang paling terjaga kelestariannya di Pulau Jawa, berbagai landscape indah dari view pegunungan hingga panorama pesisir bisa sangat mudah dijumpai disini.

Hamparan pepohonan hijau berpadu secara alami dengan putihnya pasir serta birunya laut di kawasan dengan luas areal lebih dari 1200 Kilometer persegi tersebut, menambah eksotis pemandangan.

Di pulau ini terdapat beraneka macam flora dan fauna khas Indonesia dan endemik Pulau Jawa, semakin menambah keindahan dan daya tarik TNUK.

Diantara gugusan pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitar perairan TNUK juga memiliki daya magis tersendiri bagi pelancong, salah satu pulau yang menjadi rekomendasi adalah Pulau Peucang.

“Pulau ini dihuni berbagai satwa seperti Banteng, Kera Ekor Panjang, Babi hutan, Burung Merak, Biawak, Rusa dan binatang lainnya. Luasnya sekitar 3 Ha,” kata Kepala Balai TNUK, U Mamat Rahmat, Selasa (21/8/2018).

Selain itu, mata kita akan dimanjakan di Pulau Peucang ketika mulai terlihat saat pertama kali menginjakkan kaki di dermaga, beningnya air laut dan pasir laut yang putih yang teduh bisa memikat hati pada pandangan pertama.

Panorama lain yang juga bisa menghipnotis para pelancong adalah sunset atau matahari tenggelam yang terlihat sempurna dengan padupadan bentang alam sekitar perairan Pulau Peucang yang serasi.

M. Adam

Tak hanya dari dari daratan, sunset di Pulau Peucang juga bisa dinikmati dari laut, apalagi jika kita sedikit berlayar ke sisi belakang pulau yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia, sinar jingga mentari yang menyeruak dari celah batu di Karang Copong merupakan salah satu pemandangan luar biasa yang disuguhkan alam TNUK.

“Keindahan Pulau Peucang tidak hanya terletak pada bentang alamnya saja, kita juga bisa interaksi langsung dengan para satwa. Ini pengalaman yang menakjubkan,” kata salah satu pengunjung, Sofyan kepada faktabanten.co.id, Selasa (21/8/2018).

“Ada kesan yang sulit dilupakan, hewan yang bisa diajak bercengkerama seperti rusa, kera ekor panjang dan biota laut yang masih terjaga,” tambahnya.

Tak kalah indah dan menarik dengan di daratan pulau, Pulau Peucang juga menyembunyikan keindahan laut yang luar biasa, di sisi pulau sebelah Utara pengunjung bisa menikmati gugusan terumbu karang yang masih asri dengan ratusan jenis ikan beraneka warna dengan bersnoekling. Di sisi lain pulau ada beberapa spot penyelaman yang bisa anda lakukan jika anda punya lisensi.

Selain Pulau Peucang ternyata daratan utama yang bersebrangan tak jauh dari pulau tersebut juga menyimpan keindahan luar biasa.

Padang pengembalaan Cidaon dan eksotisme hutan pantai Ujung Kulon akan menghipnotis siapapun yang berkunjung ke tempat itu.

Aktivitas hewan-hewan di Padang rumput Cidaon menjadi atraksi sendiri bagi wisatawan.

Selain Cidaon, kawasan sekitar pulau Peucang yang bisa anda kunjungi sekaligus adalah kawasan Cibom dan Tanjung Layar yang penuh dengan nilai sejarah dan batu cadas yang menawan. (*/Yosep)

WH
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien