Minum Kopi Saat Perut Kosong, Ini Bahayanya

FAKTA BANTEN – Menikmati secangkir kopi di pagi hari memang nikmat dan menyenangkan, khususnya bagi Anda para penggemar kopi. Bahkan, hal ini sering dijadikan alternatif untuk menahan rasa lapar dan mengisi perut yang kosong.

Sebenarnya, minum secangkir kopi saat perut kosong, akan memberikan kejutan untuk tubuh Anda. Jadi, sebelum menikmati minuman yang menjadi favorit banyak orang ini, Anda harus benar-benar mengetahui efeknya terlebih dahulu.

Pertanyaan yang sering diajukan oleh para penggemar kopi adalah, apakah kopi sehat atau tidak? Tentu saja, minuman ini menawarkan banyak manfaat bagi tubuh manusia. Tetapi, bagaimana jika kopi dikonsumsi saat perut kosong? Berbahayakah?
Tak bisa dipungkiri, kopi merupakan sumber penting dari antioksidan dan telah terbukti efektif dalam pencegahan beberapa penyakit ganas, seperti kanker usus besar. Sifat antioksidan dari kopi berasal dari asam klorogenat yang juga ditemukan dalam buah-buahan. Para ahli sepakat, dampak kopi pada tubuh manusia bisa sangat negatif, jika Anda minum kopi saat perut kosong.

Kartini dprd serang

Secangkir kopi hitam murni pada perut kosong akan merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan, dan hal tersebut akan sangat cepat dirasakan oleh orang-orang yang rentan terhadap gastritis. Bahkan, perut Anda benar-benar menjadi tidak sehat, karena asam klorida akan memecah makanan. Dan di siang hari, Anda akan mengalami gangguan pencernaan saat makan besar serta sangat sulit protein untuk larut.

Protein yang terjebak dalam tubuh dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti kembung, iritasi atau radang usus dan yang terburuk adalah kasus karsinoma kolon. Menurut sejumlah penelitian disimpulkan bahwa, kopi harus dikonsumsi satu jam setelah bangun tidur, setelah makan setidaknya satu irisan roti.

Kopi juga tidak harus diminum segera setelah bangun, karena pada saat itu tingkat kortisol sangat tinggi, sehingga Anda harus menunggu sampai turun. Kortisol bertanggung jawab untuk mengontrol jam biologis dan mendorong kewaspadaan.

Selain itu juga, minum secangkir kopi saat perut kosong dapat menyebabkan mulas, kembung, bahkan muntah. Jika Anda bukan tipe orang yang tidak bisa sarapan dan membutuhkan kopi, campurkan sedikit susu pada kopi Anda. (*/Teruniknews)

Polda