Motor Listrik Produksi Nasional Segera Diluncurkan oleh Presiden Jokowi

0
Dindik

FAKTA BANTEN – Perkembangan industri otomotif nasional sudah memasuki babak baru, yakni menghadirkan kendaraan berenergi listrik dalam bentuk sepeda motor. Viar menjadi perusahaan pertama yang melakukannya, dengan meluncurkan motor Q1 pada 2017.

Tahun ini, model motor listrik yang dijual di Indonesia akan bertambah satu. Proyek motor Gesits hasil kerja sama Garansindo dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang sempat molor, akan resmi hadir pada September 2018.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi, Muhammad Nasir, saat berkunjung ke Yogyakarta.

“September kami akan meluncurkan motor listrik komersial karya anak bangsa,” ujarnya, Jumat 31 Agustus 2018.

Tabib baru

Menurut Nasir, peluncuran motor yang sempat diuji jalan dari Jakarta menuju Bali itu akan sangat berkesan. Sebab, orang nomor satu di Tanah Air yang akan melakukan prosesinya secara langsung.

“Peluncuran motor Gesits akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo,” tuturnya.

Untuk mensukseskan proyek motor listrik di Indonesia, Nasir berjanji akan menggodok aturannya bersama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian.

Rencananya, motor yang akan diproduksi di pabrik milik PT Wijaya Karya di Cileungsi, Bogor itu pada tahap awal akan dibuat sebanyak 30-50 unit. Lalu pada November, kapasitasnya akan ditingkatkan menjadi 50 ribu unit.

Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien