Awal Tahun, Tanto Minta OPD Jangan “Nganggur”

Dprd ied

PANDEGLANG – Wakil Bupati (Wabup) Pandeglang, Tanto Warosono Arban meminta, kepada semua Organisasi Prangkat Daerah (OPD) yang ada dilingkungan pemerintah kabupaten pandeglang untuk segera mempercepat pekerjaan Rancangan Umum Pengadaan (RUP) tahun anggaran (TA) 2019 dan mengapload-nya ke Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (Sirup).

Tanto mengaku, tidak ingin awal tahun tidak ada pelaksanaan program pada semua OPD. Maka dari itu ia menegaskan, agar semua OPD mampu kerja cepat dalam menyusun RUP terutama untuk kegiatan non fisik harus bisa dilaksanakan pada awal tahun 2019.

“Kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN) saya rasa sudah maksimal, kekurangan apalagi. Makanya saya minta harus dibuktikan dengan kinerja yang berprestasi. Harapan kami saat ini, bisa langsung melaksanakan kegiatan program, jadi awal tahun itu semua OPD tidak nganggur (tidak ada yang dikerjakan),” tegas Tanto, Selasa (22/1/2019).

Tanto, tidak ingin kesalahan pada tahun-tahun sebelumnya dapat terulang kembali dan semua OPD harus bisa memperbaiki kesalahan tersebut dengan melakukan percepatan pembangunan diseluruh OPD yang ada di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Pandeglang.

“Kesalahan-kesalahan dua tahun terakhir ini sudah kami bahas, dan tahun ini sudah ditargetkan semua RUP bisa tayang di sirup pada awal Januari ini. Dan itu kan janji para OPD, kami bakal kawal terus. Mudah-mudahan hasil evaluasi dua tahun kebelakang itu bisa diaplikasikan sekarang agar tidak ada terlambat lagi dan proses pembangunan bisa tepat waktu,” jelasnya.

dprd tangsel

Berdasarkan informasi yang didapatnya, sudah ada 14 OPD yang sudah mengapload RUP ke Sirup. Untuk sisa OPD yang belum, bisa cepat mengumumkan RUP melalui Sirup tersebut.

“Target akhir bulan ini harus seluruh OPD sudah menyelesaikan RUP dan diinfut ke RUP untuk ditayangkan. Mudah-mudahan dengan diketahuiny bupati dan Wabup, OPD bisa cepat menyelesaikannya. Kementerian saja sudah bisa melakukan kegiatannya diawal tahun ini, masa kita tidak bisa,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pandeglang, Girgi Jiantoro mengklaim, saat ini pihaknya selalu melakukan yang terbaik dalam bekerja. Bahkan kata dia, saat ini saja pihaknya sudah mampu mengapload RUP ke Sirup.

“Dari jumlah 137 pengadaan, kami sudah menyelesaikan RUP-nya 133 RUP, dan itu semua sudah kami infut ke Sirup. Jadi saat ini hanya 4 lagi yang belum. Kalau untuk yang sewakelola masih dalam proses penghitungan,” ungkapnya.

Kata dia, pihaknya juga tengah memiliki target pada awal Februari nanti semua pekerjaan pembangunan sudah bisa dilelangkan.

“Kami targetkan awal Februari lelang, dan awal Maret-nya sudah banyak yang dikerjakan,” imbuhnya. (*/Gatot)

Golkat ied