Ma’ruf Amin Ungkap Jokowi Sudah Siapkan Infrastruktur Tol Langit

Sankyu

JAKARTA – Calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan bahwa infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah tidak hanya dibangun pada jalur darat dan laut. Ma’ruf menyebut, pemerintahan di era kepemimpinan Jokowi bahkan telah menyiapkan infrastruktur untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi digital.

Ia mengistilahkannya sebagai ‘tol langit’ mengacu pada penyiapan infrastruktur dalam hal teknologi informatika.

“Tidak saja tol darat, tol laut tol udara, tapi saya sebutnya juga tol langit yaitu namanya yang kita gunakan untuk digital,” kata Ma’ruf di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (24/2/2019).

Ekonomi digital, lanjut Ma’ruf, telah berkembang pesat saat ini. Empat perusahaan rintisan karya anak bangsa kini berstatus unicorn atau nilai perusahaan di atas US$1 miliar.

“Lahirlah unicorn-unicorn yang besar. Insya Allah ke depan lahir juga perusahaan start up, start up yang tumbuh karena ada digitalisasi tersedia infrastrukturnya,” kata dia.

Sekda ramadhan

Sebelumnya istilah unicorn menjadi perbincangan publik di jagat maya karena muncul dalam debat antar calon presiden beberapa waktu lalu.

Awalnya, calon presiden Jokowi menanyakan kepada sang penantang, Prabowo Subianto, soal pandangannya tentang perkembangan usaha rintisan di bidang teknologi.

“Apa yang Bapak lakukan untuk mengembangkan unicorn di Indonesia?” ujar Jokowi bertanya saat debat.

Namun, Prabowo menjawab dengan memperkirakan bahwa yang dimaksud unicorn oleh Jokowi adalah berkaitan dengan dunia online.

“Unicorn maksud Bapak yang online-online itu, ya?” kata Prabowo saat memulai jawaban. Hal ini pula yang kemudian memunculkan hashtag di Twitter #02GagapUnicorn. (*/Viva)

[socialpoll id=”2521136″]

Honda