Motivasi dari Dirut Krakatau Steel: Jangan Takut Memulai Usaha

0
Hari guru IP IRT

CILEGON – PT Krakatau Steel (KS) menggelar Kelas Kreatif BUMN Hadir untuk Negeri 2019 di GSG Human Capital Development and Learning Center (HCDLC), Jumat (29/3/2019).

Kegiatan yang juga dilakukan oleh 142 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya itu, merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kementerian BUMN yang jatuh pada 13 April 2019 mendatang. Tema yang diangkat tahun ini adalah ‘Kerja Nyata BUMN untuk Negeri’.

Mulia

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim dalam kesempatan tersebut memberikan motivasi dan strategi bagaimana menjalani bisnis, kepada para peserta calon wirausahawan.

Silmy menekankan kepada peserta kelas kreatif agar jangan pernah takut untuk memulai usaha.

“Jangan terlalu lama memiliki pertimbangan untuk memulai usaha. Harus yakin dengan kemampuan diri sendiri, harus punya niat yang baik dan cita-cita yang tinggi, serta yang paling penting harus punya semangat dan pikiran yang kuat bahwa usahanya akan berhasil. Jangan takut memulai usaha dari nol. Manusia hanya bisa berusaha, selanjutnya tinggal serahkan kepada Allah. Kami, PT KS hanya membantu saja,” ujar Silmy.

Dia juga mengungkapkan, selain niat, semangat, dan cita-cita yang tinggi, silaturahmi juga bisa menjadi modal penting dalam menjalankan usaha.

“Menjadi pengusaha itu harus memanfaatkan kondisi dan situasi. Jaringan atau silaturahmi yang sudah terbangun harus bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Harus selalu berpikiran positif, jangan berpikiran negatif. Kerjakan saja dengan ikhlas dan syukur, Insya Allah akan ada jalan menuju kesuksesan,” jelasnya.

Kunci kesuksesan lainnya, lanjut Silmy, adalah memanfaatkan teknologi dan peluang yang bisa menjadi potensi usaha.

“E-commerce contohnya, bisa menjadi referensi bagi pengusaha kecil untuk mengukur dan manfaatkan teknologi pemasaran di era moderen. Dan jangan lupa selalu melakukan inovasi, ciptakan yang belum pernah ada menjadi ada, yang sulit menjadi mudah, dan lain sebagainya,” tuturnya.

Hari guru dindik

Kelas Kreatif BUMN merupakan salah satu bentuk komitmen Krakatau Steel sebagai salah satu BUMN yang senantiasa hadir dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kota Cilegon.

“Jadi kegiatan ini adalah bagian upaya PT KS untuk bisa mendorong semangat berwirausaha para generasi milenial dan wadah sharing untuk bisa lebih mengoptimalkan para enterpreneur sehingga mampu menjadi bagian dari pendukung ekonomi nasional saat ini dan kedepan”.

Silmy menyatakan, keberhasilan suatu BUMN harus diikuti keberhasilan ekonomi masyarakat di lingkungan BUMN itu berada.

“Kontribusi BUMN bagi masyarakat sekitarnya sangat penting untuk membangun hubungan yang baik sehingga tercipta kondisi saling mendukung dan menguatkan diantara kedua belah pihak,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Dirut PT Pindad ini.

Ratusan peserta Kelas Kreatif BUMN berfoto bersama dan antusias mengikuti kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim / Dok

Diketahui, bagi Krakatau Steel, Kelas Kreatif BUMN baru pertama kali diselenggarakan, peserta yang mengikuti sebanyak 330 orang, mayoritas berasal dari Kota Cilegon.

“Persentasenya, sekitar 98 persen peserta itu dari Cilegon, sisanya dari daerah lain di Banten. Komposisinya ada dari mahasiswa, masyarakat, dan pelaku usaha,” ujar Ketua Panitia Kelas Kreatif BUMN Krakatau Steel, Ridwan Syam.

Ridwan mengatakan, Kelas Kreatif BUMN bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan khususnya bagi mahasiswa, komunitas, dan masyarakat.

“Ada hal-hal baru yang bisa didapat dari kelas kreatif ini dan tentu kami berharap nantinya akan menciptakan peluang usaha yang baru di Kota Cilegon,” ujarnya.

Kegiatan kelas kreatif itu, lanjut Ridwan, diawali dengan seminar enterpreneurship atau kewirausahaan, kemudian dilanjutkan dengan kelas kreatif yang dibagi menjadi empat kelas yaitu kelas tata rias atau make up, kelas barista, kelas kuliner, dan kelas digital marketing atau e-commerce. (*/Red)

Paud kpu
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien