Warga Lebak Dilatih Jadi Penolong Pertama Pasca Bencana

LEBAK – Untuk dapat menekan angka kematian saat terjadi bencana atau kecelakaan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten ajak masyarakat untuk dapat menjadi Penolong Pertama terhadap korban ketika terjadi bencana.

Pelatihan tersebut digelar di wilayah Lebak dengan melibatkan unsur SAR seperti Polri, TNI, PMI, Tagana dan BPBD, Kamis (2/5/2019).

Menurut Kapolsek Bayah AKP Tatang Warsita, dengan adanya pelatihan mengenai penanganan kecelakaan saat terjadinya bencana kepada masyarakat itu dapat membantu para korban mendapatkan perawatan dan pelayanan pasca bencana.

Sebab, mengingat wilayah bayah yang memiliki geografis berbukit serta gelombag laut yang kuat membuat Wilayah tersebut rentan terhadap terjadinya bencana alam atupun kecelakaan laut.

“Selaku Kapolsek Bayah saya berterima kasih Basarnas berkenan memberikan pembekalan untuk menjadi Penolong Pertama kepada warga kami, Pertolongan ini sangat penting, ada tiga cara dalam pertolongan melalui Udara, Darat dan Laut, semoga warga yang mengikuti pelatihan dapat memperhatikan dengan serius,” ucapnya.

Selain itu, Kasubsi Sumberdaya Kantor Pencarian dan Pertolongan Provinsi Banten Nono Warsono juga mengungkapkan, bahwa pihaknya kerap mendapat laporan kecelakaan laut yang terjadi di wilayah bayah, hal tersebut juga salah satu alasan pentingnya masyarakat dapat melakukan pertolongan secara mandiri dan tetap menjaga keselamatan dirinya sendiri.

Karena wilayah selatan Banten yang memang menjadi wilayah terjauh dari KPP Provinsi Banten dan Posko Unit Basarnas maka sangat diperlukan bantuan tenaga SAR untuk menjadi Penolong Pertama dalam penyelamatan nyawa korban dan dapat memberikan rasa aman serta nyaman bagi masyarakat di sekitar.

“Kita berikan materi pembinaan korban, metode pertolongan dan tekhnik-tekhnik SAR lainnya, yang bertujuan membentuk kualitas sumberdaya SAR di wilayah yang berpotensi terhadap pencarian dan pertolongan korban,” katanya.

“Kita akan lihat terlebih dahulu, dengan pembekalan yang telah kita berikan, jika kualitas sumberdaya SAR baik kemungkinan akan kita buatkan Posko Unit untuk membantu memberikan pertolongan pertama,” tandas Nono.

 

Honda