Perum Jamkrindo Tutup Rangkaian Safari Ramadan di Banten

Sankyu

CILEGON – Menutup rangkaian Safari Ramadan di 10 kota sepanjang bulan Ramadan 1440 Hijriyah, pada Senin, 27 Mei 2019, Perum Jamkrindo kembali melaksanakan Safari Ramadan di Kota Serang, Banten. Kegiatan diisi dengan, kunjungan mitra kerja, pembagian sembako, dan pemberian santunan bagi anak yatim.

Sebelumnya, Safari Ramadhan dilaksanakan di 9 kota, yaitu Malang, Banjarmasin, Yogyakarta, Pekanbaru, Kendari, Surabaya, Bandung, Palembang, Denpasar, dan Bali. Melalui kegiatan Safari Ramadan ini, Perum Jamkrindo ingin berbagi dengan masyarakat di berbagai wilayah.

Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto mengatakan, Safari Ramadan yang merupakan kegiatan rutin Perum Jamkrindo setiap Ramadan, bertujuan untuk mendekatkan Perum Jamkrindo dengan masyarakat dan memperkuat silaturahmi dengan mitra kerja. Melalui Safari Ramadan, Perum Jamkrindo yang sehari-hari bergelut dalam bisnis penjaminan, ingin mendekatkan diri dan berbagi dengan masyarakat, sebagai implementasi progpram BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN).

Safari Ramadan juga merupakan komitmen Perum Jamkrindo untuk menjaga hubungan baik dengan semua pihak, termasuk masyarakat dan mendorong kegiatan produktif di masyarakat. Hal itu tidak terlepas dari bisnis inti Perum Jamkrindo yakni penjaminan kredit untuk Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK).

Setelah pelaksanaan di Malang dan Denpasar, Safari Ramadan juga digelar di Serang, Banten.

”Perum Jamkrindo memang sehari-hari mengurus bisnis untuk keberlanjutan perusahaan. Namun, kami juga menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan masyarakat secara langsung,” ujar Randi Anto.

Direktur Bisnis Penjaminan Perum Jamkrindo Amin Mas’udi hadir dalam Safari Ramadan di Malang untuk melakukan kunjungan ke sejumlah mitra kerja serta buka puasa bersama dan pemberian santunan untuk anak-anak Yantim senilai Rp 50 juta yang dibagikan ke Panti Asuhan Yayasan Al. Aziziyah, Yayasan Al-Kahfi, Yayasan Nurul Islam, YPDI Daar El-Ihsan dan Panti Asuhan Jauhari.

Sekda ramadhan

Amin Mas’udi menjelaskan bahwa kegiatan santunan anak yatim ini merupakan bentuk kepedulian Perum Jamkrindo terhadap masyarakat secara langsung. Perum Jamkrindo tidak hanya mengejar kinerja bisnis semata, tetapi juga terus mewujudkan program-program yang secara langsung memberikan manfaat bagi masyarakat.

”Kami berharap, bantuan ini dirasakan manfaatnya oleh para penerima santunan dan semoga silaturahmi antara Perum Jamkrindo dengan mitra kerja dan masyarakat terus terjalin dengan baik,” kata Amin Mas’udi.

Pengasuh Panti Asuhan Zaul Chaq, Gus Zainul menuturkan, bantuan dan santunan dari Perum Jamkrindo bermanfaat bagi anak-anak panti asuhan. ”Kami mengucapkan terima kasih atas santunan bagi anak-anak panti asuhan. Semoga ini menjadi berkah bagi kita semua,” kata Gus Zainul.

Safari Ramadan dan penyerahan bantuan bagi masyarakat dilaksanakan sejalan dengan kegiatan Perum Jamkrindo menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke-49 pada 1 Juli mendatang. Setelah launching HUT Perum Jamkrindo ke-49 pekan lalu, berbagai kegiatan dilaksanakan hingga puncak perayaan.

Terkait dengan kinerja bisnis, Perum Jamkrindo mencatatkan volume penjaminan per April 2019 sebesar Rp 64,237 triliun yang berasal dari volume penjaminan kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp 18,126 triliun dan penjaminan non-KUR sebesar Rp 46,111 triliun. Volume penjaminan pada April 2029 tersebut tumbuh 7,5 persen dibandingkan April 2018.

Menurut Amin Mas’udi, jika dilihat dari komposisi, penjaminan non-KUR sudah jauh lebih besar dibandingkan volume penjaminan KUR. Ke depan, komposisi penjaminan non-KUR akan dipertahankan dalam komposisi yang lebih besar dibandingkan penjaminan KUR.

”Penjaminan KUR adalah penjaminan program pemerintah yang selalu kami dukung dan laksanakan sesuai penugasan. Namun, Perum Jamkrindo juga perlu mengembangkan bisnis nonprogram. Sejak beberapa tahun lalu, kami telah berusaha dan hasilnya sudah mulai kelihatan, yakni volume penjaminan nonprogram sudah makin besar,” kata Amin.

Sementara itu, Pemimpin Wilayah III Perum Jamkrindo Agus Supriadi menjelaskan, per April 2019, volume penjaminan Perum Jamkrindo Kantor Wilayah III tercatat sebesar Rp 13,7 triliun yang tumbuh 6 persen dibandingkan April 2018. “Bisnis penjaminan di Wilayah III Perum Jamkrindo tetap menjanjikan, sejalan dengan iklim ekonomi yang tetap terjaga dengan baik,” ujar Agus Supriadi. (*/RedRT)

Honda