mulia hut ri

Arab Saudi dan Negara-negara Teluk Rayakan Idul Fitri Hari Ini 4 Juni 2019

0

FAKTA – Negara Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, dan negara-negara Teluk lainnya, akan merayakan Idul Fitri pada hari Selasa (4/6/2019) hari ini.

Dikutip dari Arabnews.com, Mahkamah Agung Saudi telah mengumumkan bahwa perayaan Idul Fitri akan dimulai di Arab Saudi pada hari Selasa, 4 Juni.

M. Adam

Bulan sabit Syawal terlihat dari beberapa bagian Kerajaan pada Senin malam, yang berarti Idul Fitri akan dimulai pada hari berikutnya.

Pengadilan pada hari Sabtu meminta semua Muslim di seluruh Arab Saudi untuk mencoba dan menemukan bulan sabit pada Senin malam, 29 Ramadhan 1440 H, sesuai dengan 3 Juni 2019.

Pada kesempatan Idul Fitri, Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengirim kabel ucapan selamat kepada para pemimpin negara-negara Islam di seluruh dunia.

Selain Arab Saudi, UEA, Kuwait, dan negara-negara Teluk lainnya semuanya akan merayakan Idul Fitri pada hari Selasa, dengan Ramadhan berakhir pada hari Senin dan membawa hampir satu bulan puasa antara matahari terbit dan terbenam.

Sementara di Indonesia, Pakistan, Australia, dan negara-negara Asia lainnya, bulan sabit tidak terlihat, sehingga Idul Fitri akan dimulai pada hari Rabu.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan 1 Syawal 1440 H atau Hari Raya Idul Fitri 2019 jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019.

Penetapan itu disampaikan Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi Pers hasil Sidang Isbat, di Kantor Kemenag, Jakarta, Senin (3/6/2019) malam.

Imam Tarawih sudah Khatam 30 Juz

Diberitakan sebelumnya, wartawan Serambinews.com, Mursal Ismail yang sedang melaksanakan ibadah Umrah di Mekkah melaporkan bahwa jadwal 1 Syawal 1440 Hijriah atau Idul Fitri tahun ini sepertinya akan berbeda antara di Indonesia dengan Arab Saudi.

Berdasarkan kalender yang digunakan di Indonesia, Idul Fitri 1440 H diperkirakan jatuh pada hari Rabu (5/6/2019) lusa.

Sementara di Arab Saudi, khususnya di Mekkah, Idul Fitri dijadwalkan jatuh pada, Selasa (4/6/2019).

Dalam pelaksanaan Shalat Tarawih di Masjidil Haram, Mekkah, Minggu (2/6/2019) malam, imam sudah habis membacakan semua ayat-ayat pendek pada juz 30.

Dengan demikian, bacaan imam saat Shalat Tarawih satu malam satu juz hingga khatam 30 juz sampai malam terakhir Ramadhan, sudah selesai.

“Di sini yang tentukan 1 Syawal bukan pemerintah seperti di Indonesia, tetapi mufti-mufti atau ulama-ulama yang ditandai dengan khatamnya bacaan Ayat Alquran dalam Shalat Tarawih pada malam harinya,” kata Tgk Rusli Yusuf, jamaah umrah asal Tangse, Pidie kepada sebagaimana dikutip Serambinews.com, Senin (3/6/2019) Subuh.

Dengan demikian, kata Tgk Rusli, tadi malam Shalat Tarawih terakhir di Masjidil Haram Mekkah untuk Ramadhan 1440 Hijriah.

Begitu juga di masjid-masjid sekitarnya, termasuk di Masjid Nabawi, Madinah, sehingga Selasa (4/6/2019) hari ini sudah Idul Fitri di Arab Saudi.

“Biasa terjadi perbedaan dengan di Indonesia karena duluan munculnya bulan di sini. Begitu pun di Indonesia, termasuk di Aceh, seperti biasa, juga tetap menunggu pengumuman resmi pemerintah yang biasanya setelah melakukan sidang isbat hilal,” jelasnya

Situs Saudinesia.com memberitakan, Diwan Maliky Kerajaan Arab Saudi merilis keputusan yang menyatakan bahwa pada Idul Fitri 1 Syawwal 1440 jatuh pada hari Selasa, bertepatan dengan tanggal 4 Juni 2019.

Badan dan komite terkait yang mengamati hilal bulan Syawal di banyak negara Arab dan Islam serta komunitas Muslim di dunia, juga menyatakan bahwa Selasa adalah hari pertama Idul Fitri.

Berikut ini adalah isi pernyataan dari Royal Court:

Telah datang dari Mahkamah Agung keputusan sebagai berikut:

Keputusan No. (109 / e) dan tanggal 30/9/1440 e sesuai dengan kalender Umm al-Qura

Segala puji bagi Allah saja, doa serta salam bagi Nabi Muhammad kami, dan keluarga dan para sahabatnya, amma ba’du;

Mahkamah Agung mengadakan sidang pada hari Senin, tanggal dua puluh sembilan bulan Ramadhan tahun ini 1440 H, sesuai dengan keputusan Mahkamah Agung No. (108 / e) tentang hilal di bulan Syawal tahun 1440 H.

Setelah mendengar laporan dan mempertimbangkan, disertai kesaksian sejumlah saksi yang melihat pemampakan hilal bulan Syawal pada malam ini, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dalam hadits muttafa ‘alaihi:

“Berpuasalah kalian karena melihatnya, berbukalah kalian karena melihatnya.” 

Mahkamah Agung memutuskan bahwa besok hari Selasa adalah 1 Syawwal 1440 H, sebagaimana kalender Um Al-Qura, bertepatan denga 4 Juni 2019, adalah hari Idul Fitri untuk tahun 1440 AH.

Mahkamah Agung mengucapkan selamat kepada Khadimtul Haramain, Yang Mulia Putra Mahkota, pemerintah, penduduk Kerajaan Arab Saudi dan seluruh umat Islam dengan tibanya Idul Fitri yang diberkati.

Serta senantiasa meminta kepada Allah Ta’ala semoga menerima amal ibadah puasa dan qiyamul lail umat Islam, serta amal sholeh lainnya, dan menyatukan umat Islam dan kalimatnya, memperbaiki kedaan kaum muslimin, membalas musuh-musuhnya, menolong agamaNya, meninggikan kalimatNya, dan mengembalikan kesempatan berharga ini di negara kita yang diberkati dan semua negara Islam dalam kemuliaan dan kemenangan serta stabilitas keamanan, sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan dekat

Semoga shalawat dan salah bagi Nabi kita Muhammad beserta keluarga dan sahabatnya.

Ketua dan anggota Mahkamah Agung

D. Khalid bin Abdullah Al-Luhaidan

D. Abdul-Ella bin Abdulaziz Al-Farian

Ahmed bin Hamad Al Mazroua

Mohammed bin Mohammed Shraim Al-Sya’bie

Ahmed bin Maqbool al-Hakami

Saad bin Mohammed al-Ghamdi

Ketua Mahkamah Agung

Ghayeb bin Mohammed Al – Ghihab

Royale Krakatau
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi