Bupati Lebak Sambut Rombongan VKN DIKLATPIM Tingkat II Kementerian PUPR

Sankyu

LEBAK – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menyambut kedatangan rombongan peserta Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) DIKLATPIM Tingkat II Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Angkatan XX Tahun 2019, bertempat di Gedung Aula Multatuli Sekretariat Daerah (SETDA) Lebak, Rabu (21/08/2019).

Dalam sambutannya Bupati Lebak mengungkapkan, rasa terimakasih kepada rombongan peserta VKN karena memilih Kabupaten Lebak sebagai lokasi kegiatan VKN.

Selain itu Iti Octavia menjelaskan, bahwa Kabupaten Lebak adalah Kabupaten terluas yang ada di Provinsi Banten dengan luas wilayah sebesar 304.472 Ha (3.044,72 Km²) yang terdiri dari 28 kecamatan dengan 340 desa dan 5 kelurahan.

Ia juga menyampaikan, bahwa tahun ini Kabupaten Lebak telah lepas dari predikat Kabupaten Tertinggal menurut Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (PERMENDPDT) No.79 Tahun 2019, meskipun begitu, menurutnya Pemerintah masih memiliki PR yaitu dari 340 desa masih ada sekitar 196 desa tertinggal berdasarkan indeks Desa Membangun.

“Tentunya ini menjadi PR Pemerintah agar desa-desa tertinggal tersebut memiliki kesetaraan dengan desa-desa yang lain, sehingga tujuan dari pemerintah Desa Membangun bisa tercapai melalui pembangunan mulai dari pinggiran,” ucap Iti Octavia

Sekda ramadhan

Pemerintah Kabupaten Lebak, lanjutnya, akan terus optimis untuk memajukan Kabupaten Lebak dengan seluruh potensi yang dimiliki terlebih Lebak memiliki strategis Nasional seperti pembangunan double track KRL dan lain sebagainya.

Seusai pelepasan peserta diklat, Ketua Rombongan Maliki Mursid menjelaskan, Visitasi Kepemimpinan Nasional Ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR, dalam hal ini Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Peserta VKN ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah peserta 58 orang yang terbagi dalam 4 kunjungan kabupaten dan 2 provinsi, untuk Provinsi Banten sendiri Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang yang dipilih sebagai lokasi kegiatan, dan hadir di Kabupaten Lebak sebanyak 14 peserta VKN.

“Kegiatan ini dalam rangka Memfasilitasi peserta untuk mengaktualisasi kepemimpinan nasional strategis dan manajemen berdasarkan tema Dukungan Infrastruktur dalam pengembangan wilayah yang berdaya saing pertahanan dan berkelanjutan,” ungkap Maliki.

Visitasi ini akan fokus pada kebutuhan sektoral atau isu strategis nasional tertentu dengan mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan organisasi yang memiliki kualitas yang baik. (*/sandi)

Honda