Ahmad Mahdi dari Ciwandan Pimpin KIM Kota Cilegon

CILEGON – Ahmad Mahdi yang sebelumnya sebagai Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan Ciwandan, akhirnya didaulat menjadi Ketua KIM Kota Cilegon melalui musyawarah mufakat yang digelar di salah satu rumah makan, pada Jum’at (4/10/2019).

“KIM Kota Cilegon dibentuk sebagai jawaban atas pertanyaan KIM Provinsi Banten, yang mempertanyakan KIM Kota Cilegon yang belum terbentuk, sementara di tingkat kecamatan sudah ada. Dan atas dasar itu akhirnya kami melakukan pemilihan dan akhirnya teman-teman sepakat mendaulat Ahmad Mahdi (Macil) untuk memimpin KIM Kota Cilegon,” ujar Hasanudin, Ketua Pelaksana Pemilihan Ketua KIM Kota Cilegon kepada wartawan.

Nantinya setelah dibentuk KIM di tingkat Kota Cilegon, lanjut Hasan, akan semakin meningkatkan kinerja penyebarluasan dan menjembatani informasi baik dari masyarakat dan pemerintah.

“KIM diperlukan oleh masyarakat karena berperan dalam peningkatan akses informasi pada masyarakat dan pemerintah,” katanya.

Sementara itu, Ketua KIM Kota Cilegon Terpilih Ahmad Mahdi mengatakan, pihaknya akan merangkul semua unsur masyarakat.

“Program kerja saya adalah akan merangkul semua lapisan masyarakat, baik dari lembaga yang ada kaitannya langsung dari pemerintah, seperti Karang Taruna, KNPI, bahkan komunitas motor dan lain-lain, dan juga akan membentuk KIM sampai ke tingkat kelurahan,” ujarnya.

Selain penyaring informasi, lanjut Mahdi, KIM juga memiliki fungsi untuk pemberdayaan sosial kemasyarakatan guna meningkatkan perekonomian.

“Bisa kita jadikan contoh penggiat KIM Nusantara, mereka memberdayakan masyarakat hingga perekonomiannya terangkat,” ujarnya.

“KIM sendiri berfungsi sebagai penyerap informasi dari masyarakat dan dari pemerintah, serta mengolah informasi tersebut, hingga dapat tersebar lebih luas dan menjadi informasi yang bermanfaat,” imbuhnya. (*/Red)

Honda