60 Persen Puskesmas di Kota Serang Masih Terakreditasi Dasar

SERANG – Sebanyak 16 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di Kota Serang diketahui 40 persen baru terakreditasi madya. Sedangkan 60 persen sisanya baru mencapai akreditas dasar. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang Ikbal saat ditemui di Puskesmas Banjar Agung, Cipocok Jaya, Kota Serang, Kamis (17/10/2019).

Menurut Ikbal, masih banyaknya Puskesmas yang bertaraf akreditas dasar disebabkan masih kurangnya sarana prasarana yang dimiliki setiap Puskesmas. Selain itu di sisi administrasi dan manajemen yang masih lemah menjadi salah satu faktor penyebab Puskesmas tidak mendapatkan akreditasi madya.

“Puskesmas madya meliputi Puskesmas Singandaru, Pancur, Unyur, Cipocok Jaya, Sawah Luhur dan Kalodran. Satu Puskesmas masih dasar yaitu Puskesmas Rau, karena sarana prasarananya memang masih terbatas dan gedungnya relatif sangat kecil,” kata Ikbal.

Sementara itu, Muhammad Ismail Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI mengatakan, dalam penilaian akreditasi dilakukan selama tiga hari, pihaknya akan melakukan penilaian di tiga bidang. Diantaranya, pertama administrasi dan menejemen, kedua upaya kesehatan masyarakat (UKM), dan ketiga upaya kesehatan perorangan (UKP).

Dijelaskan Ismail, UKP ini meliputi bagaimana layanan klinis di Puskesmas sudah dilaksanakan pelayanan sesuai standar yang ada, termasuk jejaringnya.

“Misalnya ada puskeskmas pembantu atau poskesdes itu juga tidak boleh ada disparitas pelayanan antara puskesmas induk dan jaringan,” jelasnya.

Adapun yang menjadi indikator penilaian akreditasi kata Ismail, yakni keadaan fisik puskesmas, petugas, pelayanan, mekanisme layanan dan lainnya.

Masih di tempat yang sama, Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin mengatakan, akreditasi ini dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan untuk masyarakat. Lanjut dia, dari 16 Puskesmas yang ada di Kota Serang, tahun ini yang diakreditasi 3 Puskesmas. Yakni Puskesmas Banjar Agung untuk tingkat Dasar, sementara Puskesmas Kota Serang dan Curug yakni akreditasi ke tingkat Madya.

“Harapannya tim supplayor meluluskan proses akreditasi untuk tahun ini di tiga puskesmas itu,” ungkapnya. (*/Ocit)

Honda