Program Transmigrasi, 24 Warga Serang Akan Diberangkatkan ke NTB

Sankyu

SERANG – Lima Kepala Keluarga (KK) atau sebanyak 24 orang calon transmigrasi warga Kota Serang diberangkatkan ke Desa Raimuna, Kecamatan Maligano, Kabupaten Muna, Nusa Tenggara Barat oleh Pemerintah Kota (Pemkot) serang melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).

Kabid Transmigrasi Disnakertrans Kota Serang Leni Nuraeni mengatakan, keberangkatan 24 orang pada tahun ini ke Nusa Tenggara Barat merupakan program transmigrasi dengan tujuan peningkatan taraf hidup.

Ia mengatakan, program transmigrasi itu sudah direalisasikan mulai tahun 2010. Sejak tahun tersebut program itu banyak diminati oleh khalayak umum, tercatat sudah 115 KK diberangkatkan dan tersebar di beberapa daerah seperti Kalimantan, Aceh dan Sulawesi.

“Sejak tahun 2010 lalu sudah ada 115 KK yang tersebar di pulau Kalimantan, Sulawesi hingga Aceh. Sebelum berangkat ada pembekalan dan pelatihan dulu,” kata Leni saat ditemui di Alun-alun Barat Kota Serang, Senin (28/10/2019).

Di tempat yang sama, Walikota Serang Syafrudin mengungkapkan, transmigrasi merupakan peningkatan kesejahteraan, karena sudah dijamin oleh pemerintah baik itu tempat tinggal maupun kehidupan sehari-harinya.

Sekda ramadhan

“Kita juga akan mengawasi dalam bentuk turun langsung ke lapangan untuk memonitor sampai di sana (tempat transmigrans-red) sampai dapat hidup lebih layak,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga asal Pakupatan, Kota Serang, Umar Aliya menuturkan, ia mengikuti program tersebut dengan tujuan agar hidupnya lebih baik. Karena akunya, selama ini ia hanya bekerja serabutan sehingga penghasilannya tidak menentu.

Ia juga mengaku, bahwa dirinya akan membawa istri beserta 5 anaknya untuk mengikutinya ke tempat transmigrasi

“Di sana kita akan jadi petani, yang difasilitasi pemerintah adalah satu unit rumah dan lahan pekarangan terus lahan usaha satu 0,9 hektar dan lahan usaha 500 meter,” ujarnya.

Ia melanjutkan, ia akan menanam beberapa tanaman yang telah ditentukan, mulai dari lada hingga cokelat.

“Lahan yang disediakan oleh pemerintah akan ditanami cokelat, lada dan jambu mede, semoga hasil taninya berkah,” tandasnya. (*/Ocit)

Honda