Rekrutmen Panwascam Pilkada Kabupaten Serang 2020 Dibanjiri Peminat

Sankyu

SERANG – Pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang Tahun 2020, ternyata dibanjiri peminat.

Sebelumnya, Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Serang telah membuka pendaftaran Panwascam selama satu pekan, terhitung sejak Rabu (27/11/2019) hingga pada Selasa (3/11/2019) kemarin.

Tercatat, keseluruhan ada 371 pendaftar yang mengikuti seleksi rekrutmen Panwascam Kabupaten Serang kali ini.

“Sampai dengan hari akhir penyerahan berkas pendaftaran, ada 371 dari 29 Kecamatan,” ucap Ari Setiawan, Kordiv Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Serang, saat ditemui di ruangannya, Jumat (6/12/2019).

Sekda ramadhan

Dari 371 pendaftar, diantaranya terdiri dari 338 laki-laki dan 33 perempuan. Tercatat pendaftar di Kecamatan Pontang paling banyak yakni 24 pendaftar, dan yang paling sedikit ada di Kecamatan Anyar dan Cikeusal, dengan jumlah masing-masing 7 pendaftar.

Dikatakan Ari, pada tanggal 12 Desember 2019 nanti akan diumumkan pendaftar yang lulus seleksi berkas administrasi. Selanjutnya pada tanggal 13-17 Desember 2019, akan dilakukan seleksi lanjutan dengan sistem computer assisted test (CAT) dan wawancara.

Ari mengharapkan, seleksi Panwascam Ini menghasilkan para penyelenggara yang memiliki kualitas dan integritas tinggi.

“Paling tidak memiliki pengalaman di bidang kepemiluan, yang bisa mengisi posisi nanti di Pengawas Kecamatan. Tapi yang paling penting bagaimana temen-temen Pengawas Pemilu ini menjaga netralitas, sebagai penyelenggara Pemilu, apalagi sebagai Pengawas. Karena posisi dan tugasnya melakukan pengawasan,” ujar Ari.

Seleksi Panwascam sendiri akan dituntaskan pada akhir tahun ini, dimana pelantikan akan dilakukan pada 23 Desember 2019 untuk ditempatkan masing-masing 3 orang di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Serang. (*/Qih)

Honda