Panwascam Tes Online, Bawaslu Banten: Ini Inovasi Baru

Sankyu

SERANG – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) secara serentak melaksanakan proses rekrutmen Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se-Indonesia.

Tercatat pada gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, ada 270 daerah yang sedang melangsungkan rekrutmen Panwascam. Termasuk di empat kabupaten/kota di Provinsi Banten.

Salah satu tahapan awal untuk peserta Panwascam yakni melakukan tes socrative tertulis berbasis komputer.

Sekda ramadhan

Anggota Bawaslu Banten Nurhayati Solapari mengatakan, pelaksanaan seleksi melalui tes socrative tersebut sebagai bentuk dari inovasi Bawaslu, dalam rangka menghasilkan pengawas tingkat kecamatan yang handal dan berkualitas.

“Karena soal yang diberikan ini dibuat secara nasional, dan pelaksanaannya juga secara nasional. Jadi tidak hanya di Banten, tapi di 34 Provinsi secara serentak,” katanya, saat melakukan monitoring tes tulis Panwascam Kabupaten Serang, di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurul Huda Baros, Jumat (13/12/2019).

Dalam mewujudkan kualitas penyelenggaraan Pilkada yang lebih baik kata Solapari, tentu diharapkan pelaksanaan tes seleksi tersebut mendapatkan para pengawas-pengawas yang handal, berintegritas, profesionalitas, dan juga berkualitas.

“Karena pemahaman undang-undang yang menjadi dasar hukumnya sebagai pegangan dalam melaksanakan tugas pengawasan, tentu yang dihasilkan adalah para pribadi-pribadi yang handal, yang berani, yang netral, profesional, mandiri, seperti itu,” pungkasnya. (*/Qih)

Honda