Ratusan Pelajar dan Mahasiswa Papua di Banten Gelar Perayaan Natal di Korem 064/MY

0
Dindik

SERANG – Ratusan pelajar dan mahasiswa asal Papua yang ada di Provinsi Banten menghadiri gelaran acara silaturahmi dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru, Sabtu (14/12/2019) malam, bertempat di GOR Korem 064/MY Banten.

Sebanyak 300 orang yang tergabung baik dari pelajar dan mahasiswa asal Papua yang ada di Provinsi Banten turut hadir dalam momen perayaan Natal dan Tahun Baru tersebut. Mulai dari pelajar dan mahasiswa Papua yang ada di Kota Serang, Cilegon, Tangerang, bahkan beberapa dari alumni mahasiswa Papua di Banten yang datang dari Bandung dan Malang.

Salah seorang mahasiswa Untirta asal Papua, Hanok Simes mengatakan, dilaksanakannya acara tersebut sebagai bentuk ikatan persaudaraan para pelajar dan mahasiswa asal Papua yang ada di Provinsi Banten.

“Dengan acara di hari Natal ini, kami bisa saling mengenal satu sama lain, dan bisa lebih akrab lagi antar pelajar Papua,” ucap Hanok kepada faktabanten.co.id usai acara.

Menurutnya, digelarnya acara tersebut, bisa menjadi penawar rindu bagi para pelajar dan mahasiswa dari Papua yang tengah merantau di tanah Banten.

“Ini juga karena kami jauh dari keluarga, dari kampung halaman. Di hari Natal ini, bisa sedikit menghilangkan stres karena jauh dari orang tua, sehingga ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan kepada kami,” ungkapnya.

Ditambahkan siswi SMAN 2 Kota Serang asal Papua, Anastasia Umbop, diharapkan acara tersebut bisa terus dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya sehingga bisa mempererat tali persaudaraan antar pelajar dan mahasiswa asal Papua di Banten.

“Kedepannya agar ada acara serupa yang lebih meriah lagi, atau tahun depan ada acara lagi tanpa harus menunggu momen perayaan Hari Natal,” kata Anastasia.

Tabib baru

Sementara itu, hadir mewakili Danrem 064/MY Banten, yakni Komandan Detasemen Perhubungan (Dandenhub) Korem 064/MY, Kolonel cbh Antonius PDA.

Dandenhub menyampaikan rasa syukurnya karena acara silaturahmi pelajar dan mahasiswa Papua se-Banten di Korem 064/MY Serang telah berlangsung dengan sukses dan penuh khidmat.

“Ini juga agar mereka bisa bersosialisasi dengan masyarakat setempat, juga dimanapun mereka berada, khususnya di Banten,” ucap Kolonel cbh Antonius.

Dengan memfasilitasi acara para pelajar dan mahasiswa asal Papua yang dilaksanakan di Korem 064/MY, diakui Kolonel cbu Antonius, hal tersebut sebagai bentuk nyata pihaknya dalam memberikan rasa nyaman dan aman bagi para muda-mudi asal Papua yang tengah menimba ilmu pendidikan di Banten.

“Itu wujud nyata dari kami (Korem-red), untuk membina adek-adek Paoua agar bisa fokus belajar di Banten,” ujarnya.

Sementara itu, Badan Intelejen Nasional Banten yang diwakili staf Kabinda Banten, Erwin Santana mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi atas dilaksanakannya acara perayaan Natal di Korem 064/MY. Sehingga menurutnya, hal itu bisa jadi bentuk pembinaan kepada para pelajar dan mahasiswa asal Papua di Banten.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kalau khusus di Banten, kita mensupport, membina mereka agar tidak terpengaruh isu-isu yang bisa menimbulkan keresahan,” kata Erwin Santana.

Ia pun berpesan kepada para pelajar dan mahasiswa asal Papua yang tengah menempuh studi di Banten untuk bisa menghormati adat istiadat masyarakat Banten.

“Kita berpesan, agar mereka juga bisa menghormati adat istiadat di Banten. Agar mereka bisa bersosialisasi dengan baik di lingkungan masyarakat sekitar,” tandasnya. (*/Ndol)

Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien