PB Al-Khairiyah: Madrasah Punya Peran Penting dalam Membangun Peradaban Kota Cilegon

CILEGON – Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Al-Khairiyah H Ali Mujahidin menegaskan, eksistensi dan peran madrasah sangatlah penting untuk membekali putra-putri Cilegon dalam mengisi peradaban hari ini dan masa depan.

“Siapa yang mengajarkan akhlaq dan adab serta ilmu pengetahuan agama kepada anak-anak kita kalau bukan Madrasah,” kata Ali Mujahidin saat memberikan sambutan pada acara Ikhtifalan dan Maulud Nabi Muhammad SAW di Cabang Al Khairiyah Pekalongan kelurahan Deringo Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Minggu.

Ia menjelaskan, sejak dini madrasah mengajarkan tauhid dan aqidah, serta akhlak atau adab terhadap Allah SWT untuk menjalankan perintahNya, kemudian mengajarkan akhlaq terhadap Rosulullah SAW dengan mengikuti sunnah-sunnah Rosulullah.

Selain itu kata Ali, madrasah juga mengajarkan tentang adab terhadap Al-quran dengan cara membaca dan mengamalkannya, adab terhadap orang tua, adab terhadap guru dan ustadz, serta adab terhadap teman tetangga dan sesama.

Menurutnya, semua pendidikan tentang adab tersebut kemudian di Indonesia dikenal dengan sebutan etika dan moral bangsa. Banyak orang pintar dan cerdas tapi mereka belum tentu berakhlaq dan beradab, tapi kalau orang yang berakhlaq dan beradab mereka pasti orang pintar dan cerdas. Seseorang bisa “diangkat derajatnya” karena ilmu, tapi orang tersebut hanya akan “dimuliakan” oleh akhlaq dan adabnya.

“Nah di madrasah lah anak-anak kita diajarkan pondasi agama, diajarkan tauhid dan aqidah, tata cara ibadah, dan akhlaq lainnya, termasuk bagaimana cara toharoh, cara sholat, serta cara cara tekhnis ibadah lainnya,” Ujarnya.

Oleh karena, itu madrasah sangatlah penting eksistensinya bagi masyarakat, meskipun madrasah tidak begitu di perhatikan oleh pemerintah, terutama madrasah diniyah yang tidak menerima dana BOs ataupun BOSDA atau lainnya.

Meski demikian, Ali Mujahidin menambahkan, karena madrasah mengajarkan ajaran tentang ilmu agama, maka Madrasah akan selalu mendapatkan keberkahan.

Bahkan saat ini madrasah kembali diminati masyarakat, karena ternyata madrasah mampu membentengi dan menjadi pondasi akhlak dan adab generasi bangsa, apalagi ditengah tantangan zaman yang serba tekhnologi seperti sekarang ini.

“Selain itu madrasah juga memberikan bekal anak yang shaleh untuk membela orang tuanya dipengadilan akhirat nanti, karena bekal setiap kita diakhirat nanti, selain amal jariyah dan ilmu yang manfaat, adalah anak yang shaleh yang merupakan salah satu prodak madrasah,” kata Mumu sapaan akrab H Ali Mujahidin yang juga Bakal Calon Wali Kota Cilegon tersebut.

Ia berharap, kepada para orang tua agar mendidik anak-anaknya melalui madrasah,sebab hanya dengan bekal ilmu agama yang diterapkan di madrasah anak akan memiliki karakter yang berahlak.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar anak-anaknya dididik di madrasah, maka akan sangat baik jika dibarengi orang tuanya bersedekah kepada Madrasah, semoga berkah,” katanya. (*/Antara)

Honda