Pertama Kali, Jambore Relawan Se-Banten 2019 Digelar 20-22 Desember di Buper Cikujang

Sankyu

PANDEGLANG – Sebagai bentuk ajang silaturahmi para penggiat sosial, Jambore Relawan se-Provinsi Banten 2019 akan digelar untuk pertama kalinya, pada 21 – 23 Desember 2019, bertempat di Bumi Perkemahan (Buper) Cikujang, Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang.

Ketua Panitia, Aank Ahmad, yang juga Direktur Pandeglang Care Movement (PCM) mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan guna menghimpun dan mempererat kekeluargaan para penggiat kemanusiaan di Provinsi Banten.

“Ada puluhan bahkan ratusan komunitas relawan di Banten, mereka bergerak sendiri-sendiri dan mandiri. Beberapa komunitas relawan berhimpun dan merencanakan untuk menggelar kegiatan jambore perdana, sebagai ajang silaturahmi antar para relawan,” ucap Aank kepada awak media usai rapat persiapan terakhir Jambore Relawan se-Banten 2019, Selasa (17/12/2019) di Pandeglang.

Aank menambahkan, acara jambore tersebut juga menjadi momen sharing dan upgrading keilmuan tentang kerelawanan dan keilmuan tentang tanggap bencana, disamping menjadi momen saling mengenal satu sama lain antar penggiat sosial kemanusiaan.

“Sebanyak 140 relawan sudah konfirmasi hadir dan akan mengikuti kegiatan berkonsep outdoor ini. Acara juga didukung oleh pihak-pihak dan beberapa industri di Banten,” ungkapnya.

Sekda ramadhan

Melalui acara tersebut, lanjut Aank, akan lebih menyatukan visi serta langkah gerak dari para komunitas relawan yang lebih terstruktur di Provinsi Banten.

Bukan hanya diisi dengan sharing dan upgrading ilmu, lanjut Aank, pihaknya juga akan melakukan kegiatan sosial dengan memberikan santunan kepada warga yang berada di wilayah sekitar yang pernah terpapar bencana tsunami Selat Sunda pada tahun 2018 lalu.

“Mudah-mudahan kumpul kita nanti juga memberikan dampak positif bagi warga sekitar yang menjadi korban tsunami lalu,” tukasnya.

Ditambahkan Seksi Acara Jambore Relawan se-Banten 2019, Yosep Aulia Rahman, bahwa beberapa rangkaian acara akan dilaksanakan dalam momen jambore tersebut, mulai dari sharing ilmu, tahlil memperingati satu tahun tsunami Selat Sunda, malam keakraban dan seni hiburan.

“Selain sharing, kita juga akan mengisi acara dengan kegiatan-kegiatan yang memperkuat ukhuwah dan keakraban antar aktivis dan relawan kemanusiaan, melalui game dan talkshow. Selain itu juga, akan dicanangkan petisi kemanusiaan oleh para relawan sebagai bentik solidaritas dari komunitas-komunitas relawan di Banten,” tandas Yosep.

Untuk diketahui, acara Jambore Relawan se-Banten 2019 terselenggara atas support yang dilakukan secara swadaya dari peserta dan sumbangsih mandiri dari personal para relawan dan komunitas relawan yang ada di Provinsi Banten. (*/Ndol)

Honda