Klik Disini, Live Streaming Gerhana Matahari di Anyer dan 26 Kota Lainnya oleh BMKG

0

JAKARTA – Dalam hitungan jam, fenomena Gerhana Matahari Cincin akan melintasi langit Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lantas menyiarkan secara langsung fenomena alam yang terjadi di 26 kota Indonesia ini di YouTube.

Seperti namanya, gerhana ini membuat Matahari tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengah dan terang di bagian pinggir.

Menurut BMKG, ini menjadi fenomena gerhana terakhir di 2019 yang bisa diamati dari Indonesia. Gerhana Matahari Cincin ini dapat dinikmati masyarakat di sejumlah kawasan di Tanah Air.

Meski begitu, tidak semua daerah bisa melihat Gerhana Matahari Cincin dengan sempurna. Pasalnya, ada sebagian wilayah tidak akan dilewati oleh bayangan utama (umbra), sehingga yang terlihat hanya Gerhana Matahari Parsial.

Adapun waktu mulai gerhana paling awal terjadi di Sabang, Aceh, pada pukul 10.03 WIB. Sedangkan kota yang waktu mulai gerhana paling terakhir adalah Merauke, Papua, pada pukul 14.37 WIT.

Ied_Bmpp_Kuswandi

Di antara fase awal dan akhir Gerhana Matahari Cincin, ada fase ketika piringan Matahari tergerhanai paling maksimum yang disebut Puncak Gerhana. Fase ini terjadi dalam waktu yang berbeda-beda tergantung wilayah pengamatan.

Di Indonesia, daerah yang mengalami Puncak Gerhana paling awal adalah Sabang pada pukul 11.49 WIB. Sementara Puncak Gerhana paling akhir terjadi di Jayapura, sekitar pukul 11.51 WIT.

Pemantauan Gerhana Matahari Cincin ini disiarkan secara langsung lewat akun YouTube milik BMKG. Jadwal penyiaran dimulai sekitar pukul 06.00 WIB hingga 08.00 WIB, tergantung lokasi pengamatan. Berikut tautan video untuk menonton siaran langsung pemantauan gerhana di 26 kota. (*/Kumparan)

Pantauan dari Kawasan Anyer, Kabupaten Serang

Link Streaming Youtube BMKG tentang penampakan Gerhana Matahari Cincin di 25 Kota Lainnya. Klik Disini.

 

Loading...
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi