Waspada, Puncak Musim Hujan Ternyata Baru Dimulai 11 Januari 2020

0

JAKARTA – Pemerintah sedang menyiapkan sejumlah strategi menghadapi banjir di berbagai wilayah di Indonesia. Sebab, puncak hujan di bulan Januari diperkirakan terjadi mulai 11 Januari 2020.

“Tanggal 11, 12, 13, 14, 15, menurut BMKG merupakan puncak dari hujan di Januari ini. Kami harus siap-siap. Kita harus lebih siap hadapi dari sebelumnya di tanggal-tanggal itu,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono usai rapat di Istana, Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Masih menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, puncak hujan yang sebenarnya masih akan terjadi pada Februari sampai dengan Maret 2020.

Basuki pun mengaku telah mengerahkan pegawainya untuk terjun ke lapangan memantau titik-titik banjir dan melakukan survei apa yang menjadi penyebabnya.

Ied_Bmpp_Kuswandi

“Tadi pagi jam 8 kami berangkatkan 287 pegawai PU, kami sebar sesuai dengan rekomendasi BMKG di 180 titik kebanjiran untuk mensurvei penyebab banjir. Apakah ada tanggul yang jebol, apakah ada drainase yang tersumbat atau apakah ada pompa yang rusak,” kata dia.

Basuki lantas mencontohkan Km 24 di tol Jakarta Cikampek layang yang kena banjir itu karena memang ada drainase yang tersumbat. Menurutnya, masalah itu sudah ditangani dengan baik.

“Seperti kemarin Km 24 tol Jakarta-Cikampek kenapa banjir karena drainase tersumbat oleh kegiatan proyek. Kami bongkar dan sekarang sudah selesai,” tuturnya. (*/Viva)


Loading...
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi