www.faktabanten.co.id
Suara Merdeka Rakyat Banten
HUT Gerinda utama

Ungkapkan Dukungan untuk Ratu Tatu, Bawaslu Akan Panggil Kepala Kemenag Serang 

0

SERANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang merencanakan akan melakukan pemanggilan kepada Kepala Kemenag Kabupaten Serang Tb Syihabudin. Rencana Bawaslu itu berdasarkan informasi beredarnya video rekaman dari sambutan Kepala Kemenag yang mengungkapkan kalimat dukungan Kepada Ratu Tatu Chasanah untuk kembali jadi bupati di periode selanjutnya.

Sambutan Kepala Kemenag Kabupaten Serang itu disampaikan pada acara silaturahmi, dzikir dan doa untuk keselamatan masyarakat Kabupaten Serang yang digelar di Lapangan Tennis Indoor Setda Kabupaten Serang, Selasa (7/1/2020) lalu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Serang Yadi mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pemanggilan kepada Kepala Kemenag Kabupaten Serang soal pernyataan dukungan dua periode kepada calon petahana Ratu Tatu Chasanah.

Namun, sebelum kearah sana Bawaslu akan melakukan kajian terlebih dahulu untuk memastikan bahwa hal itu masuk dalam kategori pelanggaran.

“Kami rencanakan akan menggelar diskusi di internal. apalabila dalam video itu mengarah pada pelanggaran ASN. Maka kami akan memanggil Kepala Kemenag Kabupaten Serang,” kata Yadi, melalui sambungan telepon seluler, Jumat (17/1/2020).

HUT Fakta AK

Menurutnya, berdasarkan ketentuan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dijelaskan, bahwa setiap ASN dilarang memberi dukungan atau melakukan kegiatan yang mengarah pada politik praktis pada kontestasi Pilkada, Pileg, dan Pilpres.

“Yang jelas dalam undang-undang itu tidak boleh membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan salah satu calon,” ujarnya.

Ia pun menegaskan, akan segera melakukan kajian internal bersama dengan jajaran komisioner yang lain, untuk memastikan tindakan tersebut mengarah kepada pelanggaran atau tidak.

Jika dinilai melanggar, lanjut Yadi, pihaknya akan segera melakukan pemanggilan dalam waktu dekat ini.

“Tunggu saja hasil kajiannya, kalau ada pelanggaran soal netralitas ASN melanggar pasti kita panggil. Kajian akan dilaksanakan secepatnya,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, pernyataan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Serang, Tb Syihabudin saat acara silaturahmi, dzikir dan doa untuk keselamatan masyarakat Kabupaten Serang pada Selasa (7/1) lalu, mendapatkan sorotan serius dari aktivis pemuda Banten Khairul Umam.

Pasalnya,Tb Syihabudin dalam perkataannya melontarkan doa agar Ratu Tatu Chasanah dapat melanjutkan kepemimpinan sebagai Bupati Serang di periode mendatang. Ia pun mengisyaratkan bahwa para guru di bawah pembinaan Kemenag seperti guru Raudhatul Athfal (RA) akan kembali memberikan dukungan kepada Tatu.

“Kalau melihat ibu (Tatu-red) itu pasti, yah, Insya Alloh ibu bisa lanjut ke periode berikutnya,Kita doakan nanti di dzikir dan doa. Pertama keselamatan Kabupaten Serang, yang kedua keselamatan untuk Ibu Bupati, supaya sehat keluarganya dan bisa memimpin berikutnya kepemimpinan Bupati yang akan datang,” kata Syihabudin dalam sebuah video yang beredar. (*/Ocit)

Bank Banten

Dapatkan notifikasi lansung ke perangkat Anda, Klik Aktifkan

Loading...

error: www.faktabanten.co.id
WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien

Warning: Unknown: write failed: Disk quota exceeded (122) in Unknown on line 0

Warning: Unknown: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/opt/alt/php56/var/lib/php/session) in Unknown on line 0