Pemprov Banten Akan Sajikan 1000 Durian Gratis di Acara Festival di Tangsel

Sankyu

SERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan menyediakan 1000 durian gratis untuk umum pada gelaran Festival Durian Banten, yang akan dilaksanakan selama dua hari di Ring O Flavor Bisniss Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan, Sabtu-Minggu (1-2/2/2020).

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten mengatakan, sebanyak 1000 butir buah durian asli Banten telah disiapkan untuk dibagi-bagikan kepada para pengunjung yang hadir secara gratis.

Para pengunjung yang datang bisa mencicipi buah durian asli lokal dari para petani di Provinsi Banten, sembari melihat festival olahan makanan dari bahan durian, yang disajikan secara cuma-cuma alias gratis dan tidak dipungut biaya sepeserpun.

Sementara itu, Asep Mulya Hidayat, Sekretaris Distan Banten menuturkan, kegiatan Festival Durian Banten ini bertujuan untuk mengembalikan marwah bahwa Provinsi Banten sebagai sentra durian yang berkualitas.

“Durian itu ‘king of fruit’. Dampaknya luar biasa. Dua negara dapat PAD besar dari sektor pariwisata dan agroindustri. Orang bisa bela belain datang jauh hanya buat sebutir durian. Orang berani keluar kocek dalam buat sepongge durian. Orang bisa berdamai dengan mengirim durian. Luar biasa,” terang Asep, yang kerap disapa Haji Rocker itu saat dikonfirmasi, Sabtu (25/1/2020).

Festival Durian Banten yang mulanya digelar pada tahun 2015 itu juga dilombakan, dengan maksud mencari bibit durian berkualitas, serta mengasah inovasi dalam mengolah durian.

Sekda ramadhan

“Pada 2015 langkah kecil yang diharapkan mampu mengangkat marwah Banten sebagai tanah sejuta Kadu (Durian),” imbuhnya.

“Sebagai ajang seleksi untuk mendapatkan durian unggul lokal Banten,” tukas Asep.

Perlu diketahui, dari tahun ke tahun, Festival Durian Banten kerap dimenangkan oleh para petani durian asal dari Kabupaten Pandeglang.

Berikut infomasi yang Fakta Banten himpun dari tahun 2015, 2016 dan 2019;

Pada tahun 2015, Festival Durian Banten diikuti oleh 38 peserta kontes durian. Juara 1 disabet oleh Durian Radio, dari petani Cadasari-Pandeglang. Juara 2 oleh Durian Belimbing, dari petani Cilowong-Serang dan juara 3 diraih oleh Durian SiFajar, dari petani Cadasari-Pandeglang.

Pada tahun 2016, Festival Durian Banten diikuti oleh 31 peserta kontes Durian. Juara 1 sabet oleh Durian SiHejo, dari petani Kadu Cokrom-Pandeglang. Juara 2 oleh Durian SiBalimbing, dari petani Kadu Kupa-Pandeglang dan juara 3 diraih oleh Durian Sikapal, dari petani Cikeusal-Serang.

2019, Festival Durian Banten diikuti oleh 60 peserta kontes Durian. Juara 1 sabet oleh Durian Mentega, dari petani Kadu Kupa-Pandeglang. Juara 2 oleh Durian Pandul, dari petani Kadu Hejo-Pandeglang dan juara 3 diraih oleh Durian Ketang Balong, dari petani Cadasari-Pandeglang. (*/Qih)

Honda