Pilkada Serang, Tatu Harap PAN Gabung dalam Koalisi

SERANG – Bakal calon bupati Serang petahana Ratu Tatu Chasanah menyampaikan gagasan pembangunan Kabupaten Serang dalam penyampaian visi misi calon kepala daerah yang digelar Partai Amanat Nasional (PAN).

“Pembangunan Kabupaten Serang sudah berjalan dengan baik, tentu bukan hanya prestasi saya atau Pemkab Serang, tetapi atas sinergi bersama partai politik atau parpol, yang di dalamnya ada Partai Amanat Nasional. Maka segala kekurangan yang ada, kita harus sempurnakan bersama,” kata Tatu di Hotel Swiss Belinn Modern Cikande, Selasa (28/1/2020).

Sejumlah capaian pembangunan Kabupaten Serang disampaikan Tatu kepada fungsionaris PAN Kabupaten Serang kurun waktu tahun 2016-2018. Antara lain, peningkatan rata-rata lama sekolah meningkat dari 6,98 tahun menjadi 7,18 tahun, angka harapan hidup meningkat dari 63,81 tahun menjadi 64,22 tahun, dan pendapatan per kapita masyarakat meningkat dari Rp 10.137.000 menjadi Rp10.693.000.

“Fokus kita saat ini dan ke depan tetap pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia atau IPM,” tegas Tatu.

Tidak kalah penting tentang capaian pembangunan infrastruktur. Pada 2016, jalan kewenangan kabupaten yang rusak mencapai 474,77 kilometer (KM). Melalui program pembangunan jalan beton 100 KM per tahun, pada 2019 telah tuntas jalan beton sepanjang 437,54 KM. Kemudian pada 2020 direncanakan selesai jalan beton sepanjang 540,14 KM.

“Ditargetkan pada tahun 2021, jalan kewenangan kabupaten sepanjang 601,13 akan tuntas dibeton. Selanjutnya, kami akan meningkatkan status 400 kilometer jalan desa menjadi jalan kabupaten. Tentu harus membuat perda lagi, harus dibahas bersama dengan DPRD yang di dalamnya ada PAN dan parpol lainnya,” tegas Tatu.

Pada penyampaikan visi misi tersebut menggema teriakan ‘lanjutkan’ dari para fungsionaris PAN yang hadir. Mengisyaratkan agar Tatu melanjutkan pembangunan Kabupaten Serang pada periode kedua.

“Pada periode kedua nanti, kami mengharapkan PAN bisa bergabung dan melanjutkan pembangunan lima tahun ke depan,” ujar Tatu.

Ketua DPC PAN Kabupaten Serang Jaenudin menilai, visi misi yang disampaikan Tatu sangat rasional. Hasil pembangunan yang sudah berjalan pun cukup terlihat.

“Bu Tatu ini kan sudah menjabat, jadi kerja nyatanya sudah ada,” ujarnya.

Kata dia, dalam penyampaian visi misi bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Serang, DPC PAN Kabupaten Serang sudah memberikan angket kepada para pengurus kecamatan untuk menilai kandidat yang menyampaikan presentasi.

“Selanjutnya nanti kita akan melanjutkan rekomendasi ke DPP PAN melalui DPW PAN Provinsi Banten,” ujarnya.(*/Qih)

Honda