Bank Indonesia Terus Gulirkan Program Sosial, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Banten

SERANG – Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Destry Damayanti menyadari, keberadaan BI meski memberikan pengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi di seluruh Indonesia, tidak terkecuali di wilayah Banten.

Dengan program sosial yang digalakkan Bank Indonesia, Destry mengaku harus dekat dengan masyarakat, dan bisa memberikan kontribusi positif, sebagai wujud menjaga stabilitas perekonomian. Di lain hal juga sebagai bentuk kepedulian Bank Indonesia terhadap pembangunan daerah.

“Mendorong pertumbuhan ekonomi, peran kami dalam rangka mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Karena UMKM adalah tulang punggung perekonomian,” kata Destry Damayanti saat sambutan pada acara penyerahan program sosial Bank Indonesia Provinsi Banten, di Aula Surosowan Kantor Perwakilan (KPw) BI Provinsi Banten, Senin (3/2/2020).

Menurutnya inflasi masih menjadi tantangan bagi Provinsi Banten ke depannya. Seperti yang telah ditelusuri, penyebab inflasi, salah satunya datang dari sektor makanan yang bergejolak, diantaranya cabe dan bawang.

“Oleh karena itu tentunya kami di BI ini mempunyai klaster-klaster (himpunan) komoditi, dimana tujuanya menekan harga-harga, supaya stabil,” ujarnya.

“Mari kita sama-sama menjaga stabilitas harga, mari sama-sama mendorong perekonomian di Banten,” imbuh Destry.

BI Wujudkan SDM yang Unggul

Bank Indonesia, bersama Pemerintah menginginkan dapat mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul melalui program sosial BI di bidang pendidikan.

Bank Indonesia menyebut Genbi atau Generasi Baru Indonesia. Sebutan itu menjadi program sosial beasiswa yang Bank Indonesia berikan kepada mahasiswa-mahasiswa.

“Program kami udah berjalan sejak 2011, dan telah memberikan 25.000 beasiswa kepada mahasiswa, yang tersebar di 136 universitas di Indonesia,” kata Destry. (*/Qih)

Honda