www.faktabanten.co.id
Suara Merdeka Rakyat Banten
HUT Gerinda utama

Aplikasi SIKERAS, Disnakertrans Kabupaten Serang Mudahkan Akses Informasi untuk Pencari Kerja

0
Bank Banten

SERANG – Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) telah mampu mengembangkan sistem berbasis online untuk mempermudah layanan akses informasi bagi masyarakat, khususnya bagi para pencari kerja.

Adalah Sistem Informasi Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (SIKERAS), menjadi salah satu aplikasi yang terintegrasi via website disnakertrans.serangkab.go.id yang dibuat untuk mempermudah para pencari kerja mendapatkan informasi lowongan pekerjaan, dan pelatihan kerja.

Aplikasi SIKERAS oleh Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang masih dalam proses penyempurnaan sistem dan tampilannya.

Melalui aplikasi SIKERAS ini, kedepannya pembuatan kartu kuning atau AK.1 bisa diakses via website resmi Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia atau Kemnaker, yaitu https://ayokitakerja.Kemnaker.go.id

Para pencari kerja saat ini sudah dapat memantau info lowongan kerja dan pelatihan kerja, di Website, Instagram dan Facebook resmi Disnakertrans Kabupaten Serang.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Serang, H.R. Setiawan menuturkan, aplikasi SIKERAS untuk mempermudah masyarakat Kabupaten Serang, dalam mencari lowongan pekerjaan, selain itu juga dapat memantau secara online, agenda-agenda pelatihan kerja yang telah bekerjasama dengan berbagai macam Balai Latihan Kerja (BLK), antara lain BBLKI Serang, BBLK Cevest Bekasi, BBLK Bandung dan STPI Curug.

Lebih lanjut H.R. Setiawan mengungkapkan, pembuatan aplikasi SIKERAS berawal dari membludaknya para pencari kerja yang datang ke Kantor Disnakertrans Kabupaten Serang, bahkan pernah dalam satu hari bisa mencapai 700 orang yang datang, terutama pada saat kelulusan sekolah.

“Sehingga kita mencari cara untuk mempermudah akses layanan bagai para pencari kerja, hingga kemudian muncul inovasi baru, berupa aplikasi SIKERAS, yang bisa diakses di manapun asalkan terhubung dengan internet,” ujar H.R. Setiawan kepada Fakta Banten, saat ditemui di ruang kerjanya, di Jl. K.H. Abdul Fatah Hasan No. 25 Ciceri – Serang, Sumurpecung, Kota Serang, Kamis (13/2/2020).

Aplikasi SIKERAS sendiri mulai diluncurkan Disnakertrans Kabupaten Serang bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Serang yang ke-493, pada tanggal 8 Oktober 2019 lalu.

“Saat ini sedang proses upgrading di Diskominfosatik, kita uji coba, sampai sekarang tampilannya masih diperbaharui,” katanya.

H.R. Setiawan mengakui bahwa dibuatnya aplikasi SIKERAS, selain sebagai media informasi, hal ini juga upaya mensosialisasikan kinerja dari Disnakertrans Kabupaten Serang.

“Intinya kita memperkenalkan, sosialisasi untuk semua orang agar mengetahui bahwa di Disnakertrans Kabupaten Serang punya aplikasi SIKERAS. Kita tetap berupaya, tetap mensosialisasikan, melalui aplikasi ini, tidak usah datang jauh-jauh,” terang H.R. Setiawan.

Sementara itu di tempat yang sama, Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Serang, Diana Utami mengatakan, dibuatnya aplikasi SIKERAS, tujuanya adalah untuk mengelola data ketenagakerjaan dan ketransmigrasian, sehingga masyarakat umum bisa mengetahui informasi lowongan kerja dan pelatihan.

“Bisa juga dari perusahaan itu langsung minta kebutuhan tenaga kerjanya disini, dilakukan melalui online,” kata Diana Utami

Selain berbasis online dalam pembuatan kartu kuning (AK.1), Disnakertrans Kabupaten Serang juga telah menjalin kerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui Bursa Kerja Khusus (BKK).yang ada di Kabupaten Serang dalam pembuatan AK.1 atau kartu pencari kerja.

“Jadi kita datang kesana, kita ada sosialisasi, BKOL (Bursa Kerja Online) jadi bagaimana kita datang ke SMK-SMK itu, bagaimana melalui android mereka bisa masuk di https://ayokitakerja.Kemnaker.go.id, mereka tinggal cetak di registrasinya,” terangnya.

Selain untuk mencari lowongan kerja dan pembuatan kartu kuning secara online kata Diana Utami, aplikasi SIKERAS menyuguhkan informasi kepada masyarakat untuk mengetahui berbagai macam kegiatan pelatihan kerja.

“Kita juga di dalam aplikasi itu (SIKERAS), kita misalnya butuh mengadakan pelatihan apa aja, masyarakat bisa berminat ikut pelatihan. Misalnya pelatihan montir sepeda motor, menjahit, las listrik, design grafis, atau apa pun, bisa daftar online, karena kita sendiri kerja sama dengan BLK-BLK yang ada,” pungkas Diana Utami. (*/Adv)

HUT Fakta AK

Dapatkan notifikasi lansung ke perangkat Anda, Klik Aktifkan

Loading...