Lian Firman Punya Cara Unik Suarakan Anti-Narkoba ke Pelajar

0
Perkim

Artis terjerat narkoba menjadi fenomena sosial yang terjadi di dunia hiburan yang tak pernah berhenti. Sederet artis muda hingga senior pun menjadi pesakitan di balik jeruji besi karena kedapatan mengkonsumsi barang haram. Ironis bukan?

Berstatus sebagi artis, ketika tertangkap polisi kemudian mendapatkan sorotan yang lebih dari pemberitaan media. Padahal persoalan narkoba tidak pandang bulu untuk menjerat siapa saja, baik di kalangan pelajar, pegawai, hingga ibu rumah tangga.

Rsud sumpah

Melihat fenomena darurat narkoba inilah, perlu adanya terobosan yang bisa menyuarakan bahaya narkoba yang bisa didengar oleh banyak kalangan.

Salah satu yang konsisten menyuarakan anti narkoba adalah aktor film Hanya Manusia, Lian Firman. Salut dengan aktor yang mulai ngetop membintangi sinetron Cinta Fitri ini masi menyempatkan kampanye anti narkoba di kota kelahirannya, yaitu Kota Cilegon, Banten.

Kota Cilegon sebagi daerah pesisir yang memiliki banyak pelabuhan yang dikenal sebagai pintu masuk peredaran narkoba. Tidak sedikit pihak kepolisian setempat berhasil menangkap penyelundupan narkoba dalam partai besar.

Fonemena yang tidak kalah memprihatinakan di Cilegon ketika narkoba melibatkan anak sekolah sebagai pemakai dan pengedar. Sebuah kondisi pergaulan yang sangat mengkhawatirkan jika tidak mendapatkan penanganan serius.

Di tengah kesibukan aktifitas shooting, Lian Firman masi bisa menyempatkan diri untuk berbagi ilmu tentang bagaimana menghindari dan menolak keras narkoba.

Pengalaman bertahun-tahun sebagai artis, Lian Firman tentu sangat hafal dengan gaya hidup para artis yang rentan terhadap penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

“Artis itu kan bisa menjadi idolah bagi para penggemarnya. Pantas tidak ketika menjadi idola malah ketahuan pakai narkoba? Ini kan bukan contoh yang baik,” kata Lian Firman di hadapan ratusan pelajar di sebuah sekolah di Cilegon.

Pcm sumpah pemuda

Menjadi artis justeru dituntut untuk profesional dalam bekerja. Narkoba hanya bisa merusak kesehatan tubuh hingga merusak karier profesinya sebagi artis.

Sebagai artis yang menjalankan hidup sehat dan rajin olahraga, Lian Firman tidak ingin generasi muda di kota kelahirnya dirusak dengan obat-obatan terlarang itu. Usia muda seharusnya dimanfaatkan untuk belajar, mengembangkan kemampuan diri untuk berkarya, dan menjalani hidup dengan riang gembira.

Duta Anti Narkoba Pelajar Cilegon (dokpri)

Duta Anti Narkoba Pelajar Cilegon (dokpri)Bekerjasama dengan Duta Anti Narkoba yang berasal dari perwakilan pelajar Cilegon, dan didukung oleh BNN Kota Cilegon dan Organisasis DPD Al-khairiyah Cilegon, kegiatan kampanye anti narkoba lebih menyasar ke sekolah-sekolah.

“Anak sekolah kan lebih muda ditemui. Masi bisa diberikan pengetahuan bahaya narkoba. Dari sekolah kita berangkat untuk mengedukasi, pelajar harus menolak keras narkoba,” kata Lian Firman.

Pendekatan langsung ke sekolah menjadi cara unik Lian Firman dalam mengedukasi pengetahuan tentang narkoba. Sedikitnya, dalam satu minggu ada satu sampai dua sekolah menjadi target yang dikunjungi. Semua bisa berjalan berkat kerjasama berbagai pihak yang memiliki komitmen menyelamatkan masa depan anak bangsa.

Suara artis memang gampang didengar. Kedatangan Lian Firman pun selalu ditunggu-tunggu. Ini adalah kesempatan emas baginya untuk lebih dekat menyuarakan anti narkoba ke sasaran, yaitu kalangan anak muda.

Lian Firman kerap mencontohkan kesuksesan membintangi banyak sinetron dan film bisa diraih tanpa narkoba. Diharapkan gaya hidup sehat dan pergaulan yang baik bisa dicontoh, sehingga sadar bahwa narkoba hanya akan membuat hancur masa depan yang mengkonsumsinya. Bahayanya bahkan bisa menyebabkan kematian.

“Setiap detik, menit, pengguna narkoba mati. Jangan pernah menyia-nyikan masa hidup yang berharga ini untuk melakukan aktifitas yang lebih baik.”

Suara artis yang mengkampanyekan anti narkoba sebagi kepedulian atas profesinya. Tidak semua artis pengguna narkoba. Untuk itulah dengan terlibat turun tangan menyuarakan anti anrkoba bisa didengarkan oleh semua orang.

Semoga saja, makin banyak artis yang bicara anti narkoba di muka umum. Suara artis akan mudah didengar oleh banyak orang. Sehingga kesadaran bahaya narkoba semakin banyak orang yang memahaminya. (Mangpram/Kompasiana)

Dprd sumpah pemuda
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien