Bhayangkara Mulia

Menlu Retno Marsudi Pastikan 3 WNI Positif Virus Corona

0

JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan tiga warga negara Indonesia atau WNI yang tercatat berada di kapal pesiar Diamond Princess terjangkit Covid 19 atau virus Corona.

Dari ketiga orang tersebut, dua di antaranya terkonfirmasi tengah dirawat di rumah sakit di Kota Chiba, Jepang. Sedangkan seorang lainnya belum diketahui rumah sakit yang merawatnya.

Bhayangkara rosyid

“Saya ingin sampaikan berdasarkan komunikasi terakhir dengan duta besar Jepang, diperoleh informasi bahwa 3 dari 78 warga negara Indonesia (WNI) dinyatakan terkonfirmasi (virus corona),” kata Retno pada Selasa (18/2/2020).
Retno menjelaskan, kapal pesiar Diamond Princess ditumpangi oleh 3711 orang yang berasal dari 56 negara.

Mereka terdiri atas 2.666 orang yang merupakan penumpang. Sedangkan sisanya 1045 orang adalah kru kapal.

Kpu

Dari jumlah tersebut, lanjut Retno, ada 466 penumpang yang terserang virus Corona. Retno menuturkan, petugas KBRI yang ada di Jepang sejak Selasa (18/2/2020) pagi sudah berada di Chiba.

Hal itu untuk memastikan WNI yang terserang virus Corona mendapat penanganan medis dengan baik dari pihak otoritas Jepang.

Tak hanya itu, Kementerian Luar Negeri juga terus berkomunikasi dengan sejumlah penumpang dan kru yang masih berada di kapal Diamond Princess.“Saya sudah telepon WNI yang jadi kru kapal. Kita sampaikan ada perhatian besar dari pemerintah. Termasuk pembicaraan dengan otoritas Jepang untuk memberikan pertolongan kepada para kru kapal,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Retno, pemerintah kini tengah mempertimbangkan untuk mengevakuasi para WNI yang menjadi penumpang dan kru di kapal tersebut. “Saya sampaikan ada opsi evakuasi dan kita terus-menerus akan melakukan koordinasi dengan otoritas di Jepang maupun dengan perusahaan kapal tersebut,” ujar Retno. (*/KompasTv)

Dede_KNPI
Bhayangkara bank banten
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi