Survei RDI: Eki Baehaki Ungguli Ratu Tatu

Sankyu

SERANG – Hasil survei opini publik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang yang telah dilakukan lembaga survei Rilis Data Indonesia (RDI) menunjukkan bakal calon (Balon) Bupati Serang Eki Baehaki unggul di semua indikator.

Wakil Ketua RDI, Surya Anom mengatakan, RDI merupakan lembaga yang konsen untuk kepentingan-kepentingan pengumpulan bank data, baik skala nasional maupun daerah.

Menurutnya, survei ini dilakukan dalam bentuk quesioner, dengan metode stratified systemic random sampling, yang menggunakan margin eror 4,38 persen serta terdiri dari 500 responden.

Dengan 40 pertanyaan, persentase laki-laki 58,4 persen responden, sedangkan perempuan 41,6 persen responden, yang tersebar di 326 desa seluruh kecamatan Kabupaten Serang.

Anom menjelaskan, berdasarkan penelaahan tim survei dan kajiannya, bahwa ada nama-nama yang potensial untuk dapat maju dalam Pilkada Kabupaten Serang, diantaranya H. Eki Baehaki, Hj. Ratu Tatu Chasanah, H. Masduki, H. Najib Hamas.

Sekda ramadhan

Dari indikator popularitas, atau yang dikenal oleh publik, Eki Baihaki menempati urutan pertama, dengan popularitas 34,4 persen, disusul dengan Ratu Tatu Chasanah 21,4 persen, kemudian Ida Rosida 19,6 persen dan masih banyak presentase popularitas kandidat yang lainya.

Seperti, Eko Susilo 2,0 persen, Fahmi Hakim 2,4 persen, Mansur 0,6 persen, Tb Masduki 1,2 persen Masrori 0,6 persen, Najib Hamas 2,2 persen, Nasrul ulum 0,8 persen, Pandji Tirtayasa 2,6 persen, Syamsul Rijal 0,6 persen, Sopwan 2,8 persen, Wahyu papat 6,4 persen, Wahyu Megahita 2,4 persen.

Ada hal yang menarik Pilkada Kabupaten Serang di bulan september nanti kata Anom, ternyata dalam kuesioner yang ditanyakan terkait lima bakal calon pilihan terbuka masyarakat, saat Pilkada dilangsungkan ‘hari ini’ hasilnya, Eki masih dinyatakan unggul dengan prolehan 35,8 persen, dan kembali disusul Tatu 27,6 persen, Ida Rosida 17,8 persen, Sopwan 7,6 persen, dan terakhir Eko 4,2 persen.

Sedangkan, jika seandainya Pilkada Serang dilakukan hari ini dan terdapat dua bakal calon Bupati Serang, tetap Eki masih unggul di angka 52,4 persen, kemudian disusul Tatu 38,0 persen, dan yang tidak tahu atau tidak menjawab 5,2 persen.

“Kemantapan yang dipilih 75,6 persen,” ucap Anom kepada awak media saat menyampaikan hasil survei di salah satu Rumah Makan yang ada di Kota Serang, Kamis (20/2/2020).

Di akhir pembicaraannya, Anom mengakui bahwa Pilkada Kabupaten Serang 2020 mendatang akan berlangsung seru dan menarik, lantaran semua kandidat memiliki peluang, baik calon petahana ataupun penantang. (*/Qih)

Honda