Tinton Soeprapto Tertarik Bangun Sirkuit Berkelas Dunia Di Pandeglang

PANDEGLANG – Tokoh Pembalap Nasional yang juga Direktur utama Sirkuit Internasional Sentul (SIS) Tinton Soeprapto, berencana akan membangun sirkuit bertaraf Internasional di Kabupaten Pandeglang tepatnya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, hal ini terungkap saat tokoh pembalap nasional tersebut melakukan pertemuan dengan Bupati Pandeglang Irna Narulita, di Ruang Garuda Pendopo, Selasa (25/02/2020).

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, dirinya mengungkapkan kepada Bupati Pandeglang Irna Narulita atas ketertarikannya untuk membangun sirkuit di kawasan tanjung lesung Pandeglang.

“Ini adalah impian saya membangun sirkuit bertaraf internasional dan impian ini harus terwujud, setelah sirkuit sentul yang saya punya, kini saya berencana akan membangun sirkuit kelas dunia di Kabupaten Pandeglang, “katanya.

Menurut ayahanda pembalap mobil nasional Moreno Soeprapto ini, dirinya mengaku kenapa memilih Kabupaten Pandeglang karena wilayah ini sangat cocok untuk mengembangkan otomotif sport and tourism bisnis.

“Selain wilayahnya yang luas, Pandeglang juga memiliki potensi wisata yang sangat indah ini yang akan menjadi daya tarik para pelaku otomotif dan wisatawan, “terangnya.

Ia menambahkan rencana pembangunan sirkuit di Kawasan Tanjung Lesung ini, pihaknya untuk sementara waktu membutuhkan lahan seluas 50 hektar, rencana pembangunan sirkuit ini bukan untuk hura -hura ini murni keinginan saya untuk meningkatkan pendapatan dan promosi wisata Indonesia khususnya wisata Pandeglang. Karena jika sudah menjalin hubungan dengan dunia internasional secara tidak langsung akan memgangkat harkat martabat bangsa.

“Sirkuit Sentul saja luas lahanya hanya 75 hektar, di kawasan KEK sendiri lahanya cukup luas, berapa pun lahan yang kita butuhkan tersedia, apa yang tidak ada di sirkuit sentul, di kawasan Tanjung lesung justru ada, disini terdapat pemandangan yang cukup memukau, ada laut gunung dan lain sebagainya,” katanya.

Ia menjelaskan jika pembangunan sirkuit ini berjalan sesuai rencana, sudah tentu sirkuit ini termasuk salah satu sirkuit permanen kedua yang kita miliki.

“Dalam waktu dua bulan kedepan segala sesuatunya akan kita urus, apabila rencana pembangunan sirkuit ini bisa terwujud tentunya sangat berdampak pada kemajuan daerah dan di harapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan bagi masyarakat dan Pemerintah daerah,” ujarnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita menyambut baik rencana pembangunan sirkuit yang berskala internasional, tentu ini kabar gembira bagi masyarakat Pandeglang tentunya hal ini dapat berdampak pada peningkatan pendapatan devisa bagi negara dan Pemerintah daerah. Ia menambahkan saat ini Kabupaten Pandeglang memang betul – betul membutuhkan para investor untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan bagi daerah.

Dengan adanya rencana pembangunan sirkuit ini sudah barang tentu para wisatawan baik lokal maupun mancanegara akan berbondong-bondong datang ke Pandeglang, tentunya ini menjadi bagian dari peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,

“Oleh karena itu Pemerintah daerah siap mendukung dan bekerjasama, agar rencana pembangunan sirkuit ini dapat segera terwujud, “pungkasnya. (*\Oriel)

Honda