Akibat Corona, Untirta Liburkan Aktivitas Perkuliahan

Dprd ied

SERANG– Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) akan meliburkan aktifitas perkuliahan selama 14 hari, terhitung mulai dari hari Selasa 17 Maret sampai dengan hari Sabtu tanggal 3 April 2020.

Hal itu diketahui berdasarkan surat edaran yang ditandatangani oleh Rektor Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman S. T, M. T dengan nomor : B/4/UN43/TU.00.00/2020 tentang kebijakan umum pencegahan covid-19 dilingkungan Kampus Untirta.

Dalam surat tersebut, Fatah Sulaiman, menuturkan jika hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti surat edaran Kemendikbud no. 2 dan no. 3 tahun 2020 dan surat edaran Kemenkes dengan nomor PK. 02.01/B.IV/839/UN43/TU.00.00/2020, sebagai bentuk kewaspadaan pihak Untirta terhadap penyebaran virus corona (covid-19).

Surat Edaran Rektor Untirta /dok

“Semua kegiatan pemebelajaran khususnya kegiatan perkuliahan dilaksanakan melalui perkuliahan jarak jauh secara online, perkuliahan model daring atau dalam bentuk penugasan dirumah,” terang Fatah dalam surat edaran tersebut.

Selain itu, Fatah pun menyampaikan, jika kegiatan UTS (ujian tengah semester) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat pun terpaksa dilaksanakan dalam bentuk online atau penugasan dirumah.

dprd tangsel

“Namun kegiatan yang sifatnya personal, seperti bimbingan penelitian dan pembimbingan tugas akhir mahasiswa tetap dapat dilakukan, ungkapnya.

Bahkan, pihak Untirta turut melarang dosen ataupun mahasiswa melaksanakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang banyak. Sehingga agenda Apel Kesadaran Nasional yang sedianya akan digelar pada Selasa, 17 Maret 2020 lusa pun terpaksa ditiadakan.

Bukan hanya itu, kegiatan Wisuda mahasiswa/mahasiswa gelombang I Untirta yang rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu, 11 April 2020 pun terancam ditunda karena masih menunggu keputusan bersama antar pimpinan kampus.

Akan tetapi, bagi seluruh Tenaga Pendidik dan Kependidikan dilingkungan Kampus Untirta, dikatakan Fatah, untuk tetap hadir dan bekerja dikampud Untirta.

“Seluruh pimpinan unit mulai dari rektor, lembaga, agar menjaga kebersihan dan kesehatan para pegawainya. Wajib sediakan sabun cuci tangan dan hand sanitizer serta pembersih lainnya, dan wajib melakukan kebersihan secara rutin dan berkala,” terangnya.

Ia pun meminta kepada seluruh civitas akademika Untirta untuk selalu hidup sehat dan selalu mengikuti anjuran pemerintah terkait dengan pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19

“Marilah kita semua selalu berdoa dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWR agar kita semua bisa dibebaskan dari wabah Covid-19. Amiin yra,” tuntasnya. (*/YS)

Golkat ied