RSUD Banten Disiapkan Khusus untuk Pasien Corona

Dprd ied

SERANG– Akan ditunjuknya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten jadi Rumah Sakit rujukan pasien Covid-19 membuat pihak RSUD Banten pun melakukan persiapan, salah satunya dengan tidak menerima pelayanan bagi pasien umum.

Dikatakan Direktur Utama RSUD Banten, Danang Hamsah Nugroho, jika saat ini pihaknya tengah menyiapkan ruang isolasi bagi pasien Covid-19 sehingga tidak lagi akan melayani pasien kategori umum.

“Iya, gak lagi membuka pasien umum. Malah dari kemarin sore. Khusus untuk pasien Covid-19,” kata Danang, Minggu (22/3/2020).

Diakuinya, sebanyak 250 ruangan sedang disiapkan oleh pihak RSUD Banten untuk nanti dijadikan ruang isolasi bagi pasien Covid-19.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah siap,” ujarnya.

dprd tangsel

Sementara bagi pasien umum yang sudah dan sedang menjalani perawatan di RSUD Banten, diungkapkan Danang, saat ini pihaknya telah berkoordinasi untuk menjalin kerjasama dengan sejumlah Rumah Sakit yang ada di Kota Serang agar bisa menjadi tempat relokasi bagi pasien-pasien umum.

RSUD Banten /dok

Namun, saat disinggung soal target penyelesaian ruang isolasi secara keseluruhan di RSUD Banten, Danang belum bisa menyebutkan kapan itu bisa digunakan, dan mempersilahkan untuk mengkonfirmasi hal itu ke Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Banten.

“Kalau itu, tanya ke Kadinkes aja,” tuntasnya.

Sementara itu, sampai berita ini diturunkan, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Banten sekaligus juru bicara gugus tugas Covid-19 Banten, Ati Pamudji Astuti saat coba dikonfirmasi awak media melalui sambungan telepon, belum memberikan responnya.

Diketahui, Banten baru memiliki 2 Rumah Sakit rujukan pasien Covid-19 yakni RSDP Serang dan RSUD Tangerang. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Kesehatan Provinsi Banten berencana akan menambah 4 Rumah Sakit rujukan bagi pasiem Covid-19, meliputi RSUD Banten, RSUD Cilegon, RSUD Tangerang dan RSUD Balaraja. (*/YS)

Golkat ied