Warga Taman Widya Asri Sulap Tenda Jadi Ruang Desinfektan

SERANG – Warga Taman Widya Asri Tahap 3, Kecamatan Serang, Kota Serang berinisiatif membuat ruang desinfektan otomatis berbahan tenda yang dipasang di gerbang perumahan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Desinfektan sederhana yang dipasang dari tenda ukuran 2 x 2 meter ini akan menyemburkan cairan sterilisasi dari pipa yang dirangkai di sekeliling tenda, begitu ada yang melintas baik pejalan kaki, pengendara motor, atau kendaraan roda empat.

Ketua RW 25 Taman Widya Asri Tahap 3 Agus Prabowo mengaku memasang sensor gerak dalam alat sederhana tersebut, sehingga begitu ada yang melintas, desinfektan keluar sendiri.

“Awalnya muncul dari aspirasi masyarakat. Dan kebetulan di kita ada warga yang bekerja di salah satu perusahaan yang bisa membuat alat itu sendiri secara mandiri,” ujar Agus, Jumat. (27/3/2020).

Ia menuturkan, dana untuk membuat ruang desinfektan juga tidak terlalu menguras biaya besar.

“Di bawah sepuluh jutaan lah untuk membuat pipa air dan sebagainya. Untuk bahan bakunya kebetulan ada warga kita yang bekerja di perusahaan kimia. Dia menyumbang obatnya,” ucap Prabowo.

Adapun campuran desinfektan berasal dari sejenis klorin dengan penggunaan 0,1 mililiter banding 1 liter air. Sehingga jika digunakan 24 jam, klorin yang dibutuhkan hanya 30 mililiter.

“Jadi bukan campuran alkohol. Dosisnya insya Allah aman untuk manusia,” katanya. (*/Red)

Honda