mulia hut ri

Khawatir Bawa Covid-19, Pemudik di Kota Serang Diperiksa Kesehatan

0

SERANG – Sekitar 17 warga Kelurahan Bendung, Kecamatan Kasemen, Kota Serang diperiksa kesehatannya oleh petugas medis dari Puskesmas Kilasah pasca pulang atau mudik dari tempat perantauan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Hal itu lantaran banyak warga sekitar yang merasa resah karena dikhawatirkan para pemudik tersebut membawa wabah virus Corona atau Covid-19 dari perantauan.

M. Adam

Pantauan di lapangan, pemeriksaan kesehatan terhadap 17 warga tersebut didampingi langsung oleh Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi, Kepala Puskesmas Kilasah Tety Mulyati, Unsur TNI Polri, BPBD dan Satpol PP.

Kepala Puskesmas Kilasah, Tety Mulyati mengatakan, belasan pemudik tersebut diperiksa kesehatannya lantaran banyak warga yang mengadu karena khawatir terpapar virus Corona atau Covid-19. Mendapati keluhan itu pihaknya bergegas melakukan pengecekan suhu tubuh kepada belasan para pemudik.

“Kita cek pakai termoter suhu tubuh ,rata rata mereka ini suhu tubuhnya 36,5 dan 37 drajat celcius. Mereka semua normal semua tidak ada keluhan batuk dan pilek,” katanya kepada awak media usai meninjau 17 warga Kelurahan Bendung, Selasa (31/3/2020).

Lanjut Tety, belasan orang tersebut rata-rata tinggal di mangga dua Jakarta, bekerja sebagai penjual disalah satu toko. Selain itu, ia pun mengungkapkan bahwa tidak menutup kemungkinan akan terjadi lonjakan pemudik di wilayahnya.

Oleh karena itu, ia pun menganjurkan bagi warga yang pulang dari perantau untuk melaporkan ke Puskesmas terdekat serta melakukan isolasi diri selama 14 hari. Hak itu untuk meminimalisir penyebaran virus Corona.

“Kemungkinan masih banyak yang datang dari Jakarta , ini baru 1 RT saja. Okeh karena itu Kita terus melakukan pengawasan selama 14 hari, jika 14 hari kedepan gejala Covid-19,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Kota Serang, Budi Rustandi menambahkan, bahwa dirinya mendapatkan keluhan daei masayarakat atas kedatangan 17 orang pemudik yang dikhawatirkan membawa wabah Covid-19. Menindaklanjuti keluhan itu, pihaknya memfasilitasi warga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Menindaklanjuti keluhan itu, saya mencoba memfasilitasi masyarakat dengan mendatangkan petugas medis dari Puskesmas Kilasah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan warga yang baru pulang mudik dari Jakarta,” kata Budi.

Ia berharap, atas dilakukannya pemeriksaan ini masyarakat sekitar tidak panik dan resah lagi atas kedatangan para pemudik yang datang dari wilayah zona merah Covid-19.

“Semoga dengan dilakukan pemeriksaan ini masyarakat tidak lagi resah. Saya pun menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Serang untuk tetap menjaga kesehatan, jangan keluar rumah kalau tidak penting banget, tetap patuhi anjuran dari Pemerintah,” imbuhnya. (*/Ocit)

Royale Krakatau
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi