Bahaya Minum Air Sambil Berdiri, Ini Risikonya

Sankyu

JAKARTA – Minum air dengan cukup sangat penting untuk tubuh. Selain menghindari dehidrasi, minum air juga dapat membantu menjaga kestabilan elektrolit dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

Tapi cara minum air yang kurang tepat justru bisa membuat kesehatan terganggu. Salah satunya adalah minum air sambil berdiri.

Bagi beberapa orang hal ini terlihat biasa, tapi sebetulnya minum air sambil berdiri bisa sebabkan beberapa masalah untuk tubuh.

Seperti yang dimuat dalam laman Delish, minum air sambil berdiri akan membuat tubuh menyerap cairan lebih cepat.

Kondisi ini akan sebabkan tubuh juga memerlukan lebih banyak oksigen sehingga bisa sebabkan masalah pada jantung dan paru-paru karena tubuh akan mengambil pasokan oksigen dengan cepat.

Sekda ramadhan

Selain itu, dalam laman Timeofindia.com juga disebutkan beberapa masalah yang ditimbulkan dari kebiasaan ini, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Masalah ginjal

Minum sambil berdiri akan membuat aliran air ke ginjal dalam tekanan yang tinggi. Sehingga bisa memberatkan kerja ginjal. Selain itu, air yang diminum akan lebih cepat menuju kendung kemih sehingga tidak membersihkan ginjal dengan sempurna.

2. Nyeri sendi

Minum sambil berdiri berpotensi memicu ketidakseimbangan cairan dalam tubuh dan memicu penumpukan cairan dalam tubuh, terutama pada area sendi. Hal inilah yang sebabkan nyeri sendi.

3. Perut kembung

Minum sambil berdiri bisa membuat air masuk ke dalam perut dengan cepat dan tidak melewati usus dengan baik sehingga memicu kembung. (*/Grid.id)

Honda