Pulang ke Banten, Ratusan Santri Gontor Siap Laksanakan Karantina Mandiri

Dprd ied

SERANG – Ratusan santri dan santriwati Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor yang pulang ke wilayah Banten dipastikan akan melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Hal itu guna mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Diketahui, Sebanyak 302 santri dan santriwati Pondok Modern Darussalam Gontor asal Provinsi Banten hari ini. Para santri yang datang menggunakan bus ini, dijemput di Stadion Maulana Yusuf Kota Serang sebelum berangkat menuju Kabupaten/Kota Serang, Cilegon, Tangerang dan Pandeglang.

Tim Siaga Ikatan Keluarga Pondok Pondok Modern (IKPM) Banten Ruslan mengatakan, kepulangan ratusan santri tersebut sebelumnya sudah dilakukan pengecekan kesehatan terlebih dahulu di Pondok Pesantren. Hal itu guna memastikan bahwa para santri yang pulang ke kampung halaman masing-masing dalam kondisi prima.

“Mereka Pulang membawa surat sehat dari dokter pondok dan di sini juga mengikuti protokoler kesehatan setelah itu baru boleh dijemput oleh orangtua,” kata Ruslan, Kota Serang, Minggu (12/4/2020).

Pengecekan kesehatan dan karantina mandiri merupakan arahan dari PP IKPM Gontor dan arahan dari pemerintah. “Pondok Pesantren pun sudah menyampaikan untuk anak-anak di rumah saja selama liburan, jadi benar-benar kita sudah mengikuti apa yang di sampaikan dan di tentukan oleh pemerintah,” ucapnya.

dprd tangsel

Selama di Pondok Pesantren pun kata Ruslan, Pesantren sudah memberlakukan Lockdown dari awal bulan Maret setelah pemerintah menetapkan penerapan social distance.

“Jadi santri dan dewan guru tidak boleh keluar dari Pondok, tamu tidak boleh berkunjung ke pondok Wali santri pun tidak bisa mengirimkan paket ke dalam pondok jadi benar-benar steril dan itu berlangsung sampai dengan perpulangan santri,” pungkasnya.

Sementara itu Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Serang Hari W Pamungkas menuturkan selama proses kedatangan santri dan santriwati sistem protokol kesehatan dilakukan.

Seperti physical distancing antar siswi dan juga keluarga penjemput, kemudian tim kesehatan dari Puskesmas Cipocok Jaya melakukan pemeriksaan fisik para santri seperti cek suhu tubuh dan juga wawancara setiap santri.

“Keamanan lain pun seperti bus yang masuk wilayah Kota Serang dilakukan pengawalan oleh Patwal Lantas Polres Serang Kota dan Dishub. Hal ini dilakukan guna mencegah covid 19,” ungkapnya.

Adapun santri putri yang hari datang berasal dari beberapa daerah, seperti Tangerang, Pandeglang, Kab. Serang, Kota Cilegon dan Kota Serang. “Untuk untuk santri putra kepulangan akan dilakukan besok hari,” tutupnya. (*/Ocit)

Golkat ied